Wow..! Pasien Cuci Darah Ini Mampu Menyelesaikan Jarak Lari 10 Kilometer

Ginjal merupakan salah satu organ vital manusia dimana letaknya tepat berada disisi belakang dan dibawah tulang rusuk manusia, yang mana salah satu fungsinya untuk membuang limbah dari darah dalam bentuk urin dan juga menyeimbangan cairan di dalam tubuh.

Bagi mereka yang terkena penyakit ginjal kronik dan cuci darah, tentunya harus mengatur asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh. Ini dikarenakan ginjal sudah tidak bisa melaksanakan tugasnya dengan sempurna.

Disamping itu, banyak orang menyakini ketika seseorang sudah menjalani proses cuci darah akan mengalami kondisi tubuh yang mudah lelah, lemas serta tidak bisa melakukan aktifitas fisik yang normal.

Ternyata, anggapan itu tidak sepenuhnya benar jika si pasien menjalani pola diet sehat dan pencapaian adekuasi saat cuci darah dilakukan dengan benar.

Terbukti, Hardono (52 tahun), seorang pasien gagal ginjal, mampu mengikuti sebuah acara PASEO Run 2018 dan berhasil menyelesaikan jarak lari sepanjang 10 kilometer yang digelar di Balaikota Bandung, Jawa Barat (Minggu, 12/08/2018).

“Saya sebenarnya ingin menunjukan ke pasien cuci darah lainnya kalau pasien itu masih mampu berkegiatan lari santai seperti ini. Ini hanya masalah mau atau tidak,” ungkapnya di sela-sela istirahat

Ketua KPCDI Cabang Banten dan Tangerang ini menjelaskan meski kita seorang pasien gagal ginjal jangan sampai menyurutkan semangat untuk beraktifitas. “Gagal ginjal bukan berarti gagal hidup! Kita ini hanya yang rusak ginjalnya saja. Organ lain masih berfungsi baik, jadi harus dijaga” jelasnya.

Hardono dan Istri tercinta (Pendonor Ginjal)

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa setiap pasien, walau harus cuci darah, harus memiliki rasa semangat diri untuk hidup, bekerja dan beraktifitas. “Semangat adalah kunci utama agar tampil prima,” kata pria yang akan melaksanakan cangkok ginjal di bulan September ini.

Pria yang sudah cuci darah selama 2 tahun itu menyampaikan agar semua orang yang masih sehat menyayangi organ ginjalnya. “Yang penting jaga kedua ginjalnya, karena kedua organ tersebut penting sekali. jauhi minuman beralkohol, minum air putih sesuai kebutuhan yang dimiliki dan hidup sehat,” pungkasnya. (Tony Samosir)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar