Loading...
KesehatanSiaran Pers

Cegah Penyakit Ginjal Pada Anak, Ini yang Harus Anda Ketahui

Ketua Umum Komunitas Pasien Cuci Darah Indonesia (KPCDI) mengatakan bahwa pasien gagal ginjal pada anak dan remaja jumlahnya semakin meningkat dari tahun ke tahun. “Di RSCM saja ada sekitar lebih dari 50 anak dan remaja melakukan cuci darah. Kalau ditambah data dari daerah tentu saja jumlahnya akan mengejutkan, ” ujarnya.

Pernyataan Tony, mantan pasien gagal ginjal dan sudah melakukan cangkok ginjal ini, disampaikan dihadapan lebih dari 150 siswa SMPN 123, Kelapa Gading, Jakarta Utara, yang bertepatan dengan ulang tahun KPCDI yang ketiga, dan rangkaian perayaan Hari Ginjal Sedunia, dengan menggelar edukasi yang bertema “Waspadai Gagal Ginjal Pada Anak Remaja”, bertempat di SMPN 123 Kelapa Gading, Kamis (15/3/2018). Acara tersebut diselenggarakan oleh KPCDI dan di dukung oleh Fresenius Medical Care.

Dalam sesi edukasi, dr. Cahyani Gita Ambarsari, Sp.A(K), menyatakan sejak usia muda harus menjalankan pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit gagal ginjal yang berujung pada cuci darah. “Penyakit gagal ginjal itu tidak bisa disembuhkan dan tanpa gejala awal. Kalau sudah terkena, bisa menghambat cita -cita hidup adik-adik,” ujarnya.

Wanita yang bekerja sebagai Dokter Konsultan Ginjal Anak di RSCM ini menjelaskan fungsi ginjal amatlah penting bagi kehidupan manusia. “Ginjal berfungsi membuang urin dan menyaring darah. Kalau ginjal kita tidak berfungsi apa yang kita minum tidak bisa dikeluarkan melalui proses pembuangan urin. Dan juga apa yang kita makan akan menjadi racun dalam tubuh karena ginjal sudah tidak bisa menyaring darah. Sehingga si pasien harus melakukan dialisis (cuci darah). Fungsi lainnya, ginjal komponen penting pembentuk sel darah merah,” ujarnya dengan ekspresi yang lucu.

“Saya kecewa dengan gaya hidup anak remaja sekarang yang suka mengkonsumsi makanan dan minuman tidak sehat. Suka makanan cepat saji, menghindari buah dan sayuran. Kurang minum air putih tapi mengkonsumsi minuman berwarna dan berpengawet. Sudah merokok sejak remaja dan kurang berolah raga,” tambahnya lagi,

Maka dari itu, ia menyarankan anak-anak yang hadir dalam acara tersebut, untuk menjalankan pola hidup sehat. “Olah raga teratur, konsumsi makanan yang bergizi, periksa teratur tekanan darah, konsumsi makanan sehat untuk menjaga berat badan normal, minum air putih yang cukup atau delapan gelas sehari, jangan merokok dan jangan minum obat sembarangan tanpa resep dokter agar terhindar dari penyakit ginjal,” pungkasnya

 

Pengurus Pusat
Komunitas Pasien Cuci Darah Indonesia (KPCDI)

Ketua Umum: Tony Samosir (081380502058)
Sekjen: Petrus Hariyanto (081310639319)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Editor's choice
Skip to toolbar