Bagaimana Berat Badan Mempengaruhi Risiko Penyakit Ginjal?

Bagaimana berat badan saya mempengaruhi resiko penyakit ginjal?

Jika anda mengalamai kegemukan, mungkin sudah waktunya untuk mulai menurunkan berat badan sebagai wujud cinta anda terhadapat ginjal yang anda miliki. Mempertahankan berat badan yang sehat penting untuk kesehatan anda secara keseluruhan – termasuk ginjal anda. Kelebihan berat badan atau obesitas dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal dengan berbagai cara.

Alasan pertama didasarkan pada pepatah lama, “ Satu hal mengarah ke yang lain”. Kelebihan berat badan meningkatkan risiko diabetes dan tekanan darah tinggi. Dan pada gilirannya, diabetes dan tekanan darah tinggi adalah dua penyebab utama penyakit ginjal.
Kelebihan berat badan bisa langsung mempengaruhi ginjal. Berat ekstra memaksa ginjal bekerja lebih keras dan menyaring limbah di atas tingkat normal. Seiring waktu, kerja ekstra ini meningkatkan risiko penyakit ginjal.

Jadi bagaimana kita meringankan kerja ginjal untuk melindunginya dan menjaga kesehatan kita secara keseluruhan? Berikut adalah cara untuk mengurangi risiko penyakit ginjal jika mengalami kelebihan berat badan / obesitas :

1. Ketahui Indeks Massa Tubuh (BMI) anda : Angka BMI memberi gambara kasar tentang total persen lemak di tubuh anda. BMI normal biasanya diantara 18 dan 25. BMI antara 25 – 30 dianggap kelebihan berat badan dan lebih dari 30 dianggap obesitas. Anda mungkin memiliki berat badan lebih tinggi dibandingkan orang lain, tapi anda memiliki BMI normal. Kenapa bisa seperti itu? Hal ini terjadi jika anda memiliki lebih banyak berat badan yang berasal dari otot daripada berasal dari lemak. Memiliki lebih banyak otot daripada lemak itu lebih sehat. Konsumsilah makanan yang kaya buah dan sayuran
2. Buat perubahan gaya hidup seperti berolahraga denga porsi yang lebi banyak dan perhatikan porsi makanan anda setiap waktu makan.
3. Cek kesehatan ginjal anda. Hanya membutuhkan dua tes sederhanan, yaitu darah dan urin
4. Kontrol gula darah jika anda menderita diabetes
5. Kontrol tekanan darah jika anda memiliki tekanan darah tinggi.

Merupakan hal positif jika anda ingin menurunkan berat badan, tapi jangan sampai menjadi program diet anda salah dan membebankan diri anda. Konsultasikanlah ke ahli gizi untuk program diet anda, terutama jika anda memiliki gangguan ginjal.

Sumber
1. Artikel terjemahan “How Does My Weight Affect My Risk for Kidney Disease” , by National Kidney Foundation

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar