Penyakit Ginjal, Dialisis dan Pengaruhnya Terhadap Kesehatan Mata

Masalah mata bisa terjadi tanpa adanya gejala, bahkan jika Anda memiliki penyakit ginjal stadium akhir atau gagal ginjal. Tekanan darah tinggi dan diabetes juga bisa meningkatkan risiko penyakit mata. Oleh karena itu, sangat penting untuk bertanya dan berkonsultasi kepada Neprhologist (Konsulen Ginjal & Hipertensi) anda tentang mata anda. Dan jika harus, anda juga akan berkonsultasi dengan dokter spesialis mata untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Jika anda juga terkena diabetes, berarti anda harus menemui dokter mata secara teratur, karena diabetes merupakan salah satu pengganggu kesehatan mata. Tidak merawat mata Anda secara teratur bisa menyebabkan keadaan darurat medis atau kebutaan permanen. Tapi jika kita melakukan pencegahan sejak awal, hal yang tidak diingikan, bisa dicegah.

1. Mata kering, merah dan sakit yang terasa pedas. Gejala-gejala ini bisa terjadi karena gangguan pengetatan dan pembentukan air mata yang akan menyebabkan mata kering. Jumlah kalsium dan fosfat yang berlebihan juga bisa mengendap di mata dan menyebabkan iritasi. Seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini, kornea, konjungtiva, dan sklera dapat terpengaruh. Dengan mengontrol kadar kalsium dan fosfat dalam darah serta menjaga mata tetap lembab dengan obat tetes mata dapat membantu mengatasi masalah mata yang iritasi. Selain penyakit ginjal, banyak faktor yang dapat menyebabkan gejala diatas, untuk itu perlu menemui dokter mata untuk menemukan penyebab yang tepat.

2. Retinopati, terjadi saat diabetes dengan atau tekanan darah tinggi merusak pembuluh darah kecil di retina. Retinopati berkembang dari waktu ke waktu dan waktu dan tidak ada gejala sampai penglihatannya terpengaruh. Terkadang pembuluh yang rusak membentuk jaringan parut yang akan menyebabkan retina terlepas. Retina yang terlepas dapat menyebabkan kehilangan penglihatan atau kebutaan dan harus segera diobati. Jika ada memiliki perubahan mendadak dalam penglihatan seperti lampu berkedip atau bintil hitam, segera ke dokter atau ke rumah sakit.

3. Glukoma, terjadi saat cairan di dalam mata menumpuk karena tidak bisa mengalir dengan baik. Hal ini menyebabkan peningkatan tekanan intraokular (IOP)di dalam mata. Tekanan ekstra ini meremas pembuluh darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke saraf optik di bagian belakang mata. Saraf optik mengirimkan sinyal ke otak dan otal mengubah sinyal ini menjadi gambar yang anda lihat. Bila terlalu banyak tekanan terbentuk di mata. , saraf optik bisa menjadi rusak. Kerusakan ini akan memperlambat atau menghentikan sinyal ke otak dan dapat menyebabkan kehilangan penglihatan sebagian atau total. Tekanan darah tinggi dan diabetes merupakan faktor penyebab risiko glukoma, begitu juga dengan dialisis dapat menyebabkan perubahan tekanan pada mata.

Menemukan Masalah Mata
Pemeriksaan mata akan menunjukkan seberapa baik mata anda dapat melihat dan jika ada penyakit mata yang anda derita. Segera beritahu dokter anda, jika mengalami gejala-gejala seperti berikut :
a. Penglihatan kabur ,ganda dan mendung
b. Nyeri atau tekanan pada salah satu atau kedua mata
c. Kesulitan melihat sesusatu dari sudut matamu
d. Lampu terapung atau berkedip.
e. Titik gelap.


Menjaga mata anda tetap sehat.

Mengontrol tekanan darah tinggi dan diabetes penting bagi ginjal dan mata. Ikuti rekomendasi dokter untuk diet, olahraga dan obat-obatan. Periksa dengan teratur kadar glukosa dan tekanan darah seperti yang direkomendasikan oleh dokter Anda. Berhenti merokok, karenan merokok dapat meningkatkan risiko katarak dan glukoma. Kemudian, pastikan obat yang anda minum dan konsumsi untuk mata atau untuk alasan lain adalah dosis yang tepat. Penyakit ginjal dan gagal ginjal dapat mempengaruhi bagaimana obat bekerja di tubuh, oleh karena itu banyak obat perlu menjadi dosis khusus untuk orang dengan fungsi ginjal rendah atau untuk mereka yang menjalankan program dialisis.

Sumber
TErjemahan artikel “Kidnet Disease, Dialysis, and Your Eyes (National Kidnet Foundation)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *