10 Cara Mempersiapkan Program Dialisis

Mayoritas orang yang sudah divonis Gagal Ginjal Kronik dan harus menjalani dialisis (cuci darah), bingung apa yang harus dipersiapkan dan dilakukan sebelum melakukan dialisis yang pertama kali. Berikut 10 cara untuk membantu Anda mempersiapkan dan mempertahankan kualitas hidup anda saat dialisis.

1. Jadilah Pasien Yang Pintar

Maksudnya disini adalah jadilah pasien yang paham dengan kondisi diri sendiri. Di internet banyak artikel-artikel mengenai gagal ginjal, anda bisa belajar mengenai kondisi anda dari sana. Selain itu anda juga bisa belajar dari tim perawatan ginjal anda (entah itu dokter ataupun perawat anda). Serta ikut serta dikomunitas-komunitas pasien gagal ginjal, karena disana, anda bisa bertukar pikiran serta sharing pengetahuan kepada para pasien gagal ginjal lainnya

2. Diskusikan rencana dialisis anda

Berbicaralah dengan orang yang anda cintai ataupun sahabat anda, mengenai rencana dialisis anda dan bagaimana perasaan anda. Dengan mendapatkan dukungan sejak dini, itu dapat membantu anda menjadi lebih siap menghadapi dialisis.

3. Diskusikan mengenai keputusan anda mengambil terapi dialisis

Diskusikan selalu pilihan pengobatan yang anda ambil, baik itu home hemodialysis, Peritoneal Dialysis ataupun hemodialisis dengan dokter KGH (Konsultan Ginja Hipertensi) anda.

4. Berteman dengan sesama pasien dialisis

Bertemanlah dengan mereka pasien gagal ginjal yang sudah menjalani terapi dialisis lebih dahulu. Dengan berteman dan bersosialisai dengan mereka, itu dapat membantu anda mempersiapkan terapi dialisis.

5. Lokasi terapi dialisis

Jika anda memutuskan mengambil terapi dialisis di Rumah Sakit ataupun di Klinik Dialisis, pastikan tempat itu dekat dengan tempat tinggal anda ataupun tempat kerja anda. Dengan itu anda dapat merencanakan transportasi yang nyaman.

Untuk panduang memilih tempat dialisis, silahkan kunjungi link berikut

http://www.kpcdi.org/2016/09/06/tips-memilih-unit-dialisis/

6. Akses Dialisis

Untuk proses dialisis, anda harus menjalani prosedur untuk penempatan kateter “akses” baik itu untuk hemodialysis ataupun peritoneal dialysis (PD) dan penempatan fistula AV atau penempatan graft untuk hemodialisa. Team dokter anda akan membahas dan mendiskusikan bagaimana mempersiapkan operasi penempatan akses setelah anda memutuskan untuk melakukan perawatan

7. Asuransi Kesehatan dan Jaminan Kesehatan

Asuransi dan jaminan kesehatan yang anda miliki dapat membantu anda membayar perawatan dialisis, namun penting untuk mengetahui secara pasti apa saja yang tercove.
BPJS Kesehatan sebagai lembaga jaminan kesehatan nasional telah mengcover semua pembiayaan dialisis anda baik itu pemasangan akses dialisis maupun proses dialisis itu sendiri.

8. Tetap Produktif

Tetap bekerja dan produktif saat anda menjalani dialisis sangatlah penting bagi kesejahteraan anda,baik secara mental maupung finansial. Bicaralah kepada atasan di tempat kerja anda tentang bagaimana pekerjaan anda dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda begitu anda memulai perawatan dialisis.

9. Konsumsi makanan tepat gizi

Konsultasikan makanan yang tepat untuk kondisi anda saat ini, ahli gizi anda akan memandu anda menjalani diet serta meresepkan makanan yang sesuai dengan kebutuhan anda.

10.Kendalikan kesehatan Anda

Kelola perawatan anda dengan rutin konsultasi ke dokter anda serta rutin melakukan cek laboratorium darah anda.

Sumber :davita.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *