Apa Yang Bisa Kita Lakukan Untuk Menjaga Kesehatan Ginjal Kita

Apa yang bisa Anda Lakukan untuk Ginjal Anda

Penyakit ginjal adalah silent killer (pembunuh diam-diam), yang akan sangat mempengaruhi kualitas hidup anda. Namun ada beberapa cara mudah untuk mengurangi risiko penyakit ginjal

1. Tetap Fit dan Aktif

Tetap fit membantu mengurangi tekanan darah Anda dan oleh karena itu mengurangi risiko Penyakit Ginjal Kronik

2. Jaga dan kontrol teratur kadar gula darah Anda

Sekitar separuh orang yang menderita diabetes mengalami kerusakan ginjal, jadi penting bagi penderita diabetes untuk melakukan       tes rutin untuk memeriksa fungsi ginjal mereka.

Kerusakan ginjal akibat diabetes bisa dikurangi atau dicegah jika terdeteksi dini. Penting  untuk tetap mengontrol kadar gula dalam darah dengan bantuan dokter atau apoteker

3. Pantau Tekanan Darah Anda

Meskipun banyak orang mungkin menyadari bahwa tekanan darah tinggi dapat menyebabkan stroke atau serangan jantung, hanya sedikit yang tahu bahwa itu juga merupakan penyebab paling umum kerusakan ginjal.

Tingkat tekanan darah normal adalah 120/80. Antara tingkat ini dan 139/89, Anda dianggap prehypertensive dan harus menerapkan gaya hidup dan perubahan pola makan. Pada 140/90 ke atas, Anda harus segera mendiskusikan risikonya dengan dokter Anda dan memonitor tingkat tekanan darah Anda secara teratur. Tekanan darah tinggi sangat mungkin menyebabkan kerusakan ginjal bila dikaitkan dengan faktor lain seperti diabetes, kolesterol tinggi dan Penyakit Kardio-Vaskular.

4. Makanlah dengan sehat dan jaga berat badan Anda tetap di cek

Hal ini dapat membantu mencegah diabetes, penyakit jantung dan kondisi lain yang terkait dengan Penyakit Ginjal Kronik.

Kemudian kurangi asupan garam Anda. Asupan sodium yang dianjurkan adalah 5-6 gram garam per hari (sekitar satu sendok teh). Untuk mengurangi asupan garam Anda, cobalah dan batasi jumlah makanan olahan dan makanan dan jangan tambahkan garam ke makanan. Akan lebih mudah mengendalikan asupan Anda jika Anda menyiapkan makanan sendiri dengan bahan-bahan segar

5. Pertahankan asupan cairan yang sehat

Meskipun studi/penelitian klinis belum mencapai kesepakatan mengenai jumlah ideal air dan cairan lainnya yang harus kita konsumsi setiap hari untuk menjaga kesehatan, Pepatah lama telah menyarankan minum 1,5 sampai 2 liter (3 sampai 4 gelas) air per hari.

Menurut peneliti dari Australia dan Kanada mengkonsumsi banyak cairan membantu ginjal untuk membersihkan sodium, urea dan racun dari tubuh. Yang artinya risiko berkembangnya penyakit ginjal kronis menjadi lebih rendah. Penting untuk diingat bahwa tingkat asupan cairan yang tepat untuk setiap individu bergantung pada banyak faktor termasuk jenis kelamin, olahraga, iklim, kondisi kesehatan, kehamilan dan menyusui. Selain itu, orang yang telah memiliki batu ginjal disarankan untuk minum 2 sampai 3 liter air setiap hari untuk mengurangi risiko pembentukan batu baru.

6. Jangan merokok

Merokok dapat memperlambat aliran darah ke ginjal. Bila darah tersebut kurang sampai ke ginjal, hal itu mengganggu kemampuan mereka untuk berfungsi dengan baik. Merokok juga meningkatkan risiko kanker ginjal sekitar 50 persen.

7. Jangan minum obat pereda nyeri secara teratur

Obat-obatan umum seperti obat anti-inflamasi non steroid seperti ibuprofen diketahui menyebabkan kerusakan ginjal dan penyakit jika dikonsumsi secara teratur.

Obat semacam itu mungkin tidak menimbulkan bahaya yang signifikan jika ginjal Anda relatif sehat dan Anda menggunakannya hanya untuk keadaan darurat saja, tetapi jika Anda menghadapi rasa sakit kronis, seperti artritis atau sakit punggung, konsultasikanlah dengan dokter Anda untuk menemukan cara untuk mengendalikan rasa sakit Anda. Tanpa membahayakan ginjal Anda.

8. Cek fungsi ginjal Anda jika Anda memiliki satu atau lebih faktor dibawah ini

  1. Anda menderita diabetes
  2. Anda memiliki hipertensi
  3. Anda mengalami obesitas
  4. Salah satu orang tua atau anggota keluarga lainnya menderita penyakit ginjal
  5. Anda berasal dari Afrika, Asia, atau Aborigin.

 

Sumber : worldkidneyday.org : 8 Golden Rule