Penyakit Ginjal: Gangguan Mineral dan Tulang

Mengapa organ ginjal sangat penting bagi kesehatan tulang?

Ginjal yang sehat banyak melakukan pekerjaan penting. Mereka juga menghilangkan limbah dan cairan ektra dari dalam tubuh Anda, membantu membuat sel-sel darah merah, dan membantu menjaga tulang agar tetap kuat. Ginjal juga membantu menjaga jumlah mineral yang tepat dalam darah Anda. Mineral adalah nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh Anda agar tetap sehat.

Apa itu gangguan mineral dan tulang?

Yang berhubungan dengan gangguan mineral dan tulang terhadap penyakit (gagal) ginjal terjadi ketika terdapat ketidakseimbangan kalsium dan fosfor dalam darah. Ketidakseimbangan mineral ini dapat mempengaruhi tulang, jantung dan pembuluh darah.

Bagaimana gagal ginjal kronik dapat menyebabkan penyakit tulang dan jantung?

Ketika terlalu banyak fungsi ginjal yang hilang, maka ginjal tidak dapat menyaring fosfor ekstra dan membuangnya dari dalam tubuh melalui urin. Seiring waktu, fosfor dari setiap makanan yang Anda konsumsi akan menumpuk di dalam darah Anda.

Ginjal yang sehat juga mengubah vitamin D dari sinar matahari dan setiap makanan yang Anda makan menjadi vitamin D aktif yang digunakan oleh tubuh Anda. Ketika ginjal gagal bekerja, pasokan vitamin D aktif akan berkurang. Hal inilah menyebabkan kalsium dan fosfor menjadi tidak seimbang.

Ketika kadar fosfor dalam darah meningkat dan vitamin D dalam darah menurun, tubuh Anda akan membuat jumlah hormon paratiroid (PTH) semakin banyak. Tingkat PTH yang tinggi akan menyebabkan kalsium berpindah dari tulang ke dalam darah Anda. Kalsium yang pindah meninggalkan tulang akan menyebabkan semakin lemah dan tulang lebih rapuh. Beberapa jumlah kalsium juga akan menumpuk di jantung dan pembuluh darah. Hal ini juga dapat menyebabkan atau memperburuk penyakit jantung.

Apa saja tanda-tanda gangguan mineral dan tulang?

Gangguan mineral dan tulang dapat menyebabkan:

1. Kulit gatal
2. Nyeri tulang
3. Tulang yang lemah dan mudah pecah
4. Tersumbatnya pembuluh darah
5. Masalah jantung
6. Anemia
7. Gangguan saraf
8. Sulit melawan kuman

Bagaimana saya dapat mengetahui jika saya memiliki gangguan mineral dan tulang?

1. Anda dapat melakukan pemeriksaan tes darah untuk mengetahui kadar kalsium dalam darah, fosfor, PTH dan vitamin D.

2. Beberapa orang mungkin harus melakukan biopsi tulang, Biopsi tulang adalah dengan mengambil sample tulang untuk dilakukan penelitian.

3. Penyedia layanan kesehatan mungkin melakukan X-ray pada bagian perut Anda, atau ekokardiogram pada jantung untuk memeriksa apakah ketidakseimbangan mineral telah mempengaruhi jantung dan pembuluh darah Anda

Bagaimana melakukan pengobatan yang tepat untuk gangguan mineral dan jantung?

Banyak orang dengan penyakit (gagal) ginjal memerlukan pengobatan untuk kadar fosfor yang tinggi dalam darah atau PTH. Dokter akan melakukan pengobatan yang tepat untuk Anda, seperti:

1. Diet rendah fosfor

Makan makanan rendah fosfor, dapat membantu menjaga jumlah fosfor dalam darah dalam kisaran yang tepat.

2. Binder (pengikat) fosfor

Pengikat fosfor adalah obat yang membantu untuk mengontrol kadar fosfor dalam darah agar terjaga dengan baik.

3. Vitamin D

Tubuh Anda membutuhkan bentuk aktif dari vitamin D. Dokter akan menentukan jenis obat-obatan vitamin D yang tepat untuk Anda.

4. Calcimimetics

Calcimimetcs adalah obat yang sering digunakan ketika tingkat PTH, kalsium dan fosfor dalam darah Anda terlalu tinggi.

5. Suplemen untuk kalsium

Berbicara dengan dokter Anda sebelum mengkonsumsi suplemen untuk kalsium. Hasil tes darah yang Anda lakukan akan membantu menunjukkan jika Anda perlu mengkonsumsi kalsium tambahan.

6. Melakukan bedah/operasi

Beberapa orang dengan kadar PTH yang tinggi perlu melakukan tindakan operasi untuk mengangkat sebagian atau seluruh kelenjar paratiroid.

7. Olahraga

Olahraga mungkin yang paling dapat membantu, ini disebut penguatan dan latihan beban. Periksa dengan dokter Anda sebelum memulai program latihan tersebut.

Sumber: National Kidney Foundation (NKF)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *