Loading...
KesehatanMakanan

Mengapa Anda Harus Menghindari Buah Belimbing?

Buah Belimbing adalah tumbuhan penghasil buah berbentuk khas yang dapat ditemukan di daerah tropis. Buah ini berasal dari Asia, dan dinamakan karena bentuknya seperti bintang ketika diiris. Buah belimbing berwarna kuning kehijauan. Saat baru tumbuh, buahnya berwarna hijau. Jika dipotong, buah ini mempunyai penampang yang berbentuk seperti bintang. Berbiji kecil dan berwarna coklat. Buah ini renyah saat dimakan, rasanya manis dan sedikit asam. Buah ini mengandung banyak vitamin C.

Hasil studi lain menunjukkan bahwa dengan memakan buah belimbing bagi orang dengan penyakit (gagal) ginjal atau gangguan fungsi ginjal dapat mengakibatkan efek toksik yang dapat memperburuk keadaan pasien. Zat yang ditemukan pada buah belimbing dapat mempengaruhi otak dan menyebabkan gangguan neurologis. Zat beracun ini disebut dengan neurotoxin. Orang yang sehat, dengan ginjal yang normal dapat memproses dan membuang toksin ini keluar dari dalam tubuh mereka. Namun, bagi mereka dengan penyakit (gagal) ginjal, hal ini tidak dapat dilakukan. Racun akan tetap di dalam tubuh dan menyebabkan penyakit serius.

Gejala-gejala keracunan buah belimbing adalah:

  1. Cegukan
  2. Gangguan atau kebinggungan mental
  3. Kejang
  4. Kematian (dalam kasus serius)

Jika Anda memiliki penyakit (gagal) ginjal atau gangguan fungsi ginjal, penting bagi Anda untuk menghindari buah belimbing, dan berbicara dengan dokter atau ahli gizi untuk mempelajari lebih lanjut tentang efek buah belimbing atau buah lainnya yang mungkin Anda masih belum mengerti tentang buah-buahan tersebut.

Sumber: Susan Lupackino, MHS, RD, LDN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Editor's choice
Skip to toolbar