Depresi dan Penyakit Kronis: Berikut Ini 5 Tip Untuk Mengatasinya

Bagi Anda yang baru saja divonis mengalami penyakit gagal ginjal, atau telah lama memiliki penyakit tersebut, mungkin Anda pernah mengalami perasaan “down” atau depresi. Gangguan depresi adalah hal yang paling umum terjadi bagi pasien yang mengalami penyakit kronis, termasuk penyakit gagal ginjal. Perasaan sedih, takut, frustasi atau marah terhadap penyakit adalah hal yang umum terjadi. Ini adalah hal yang lumrah selama masih dalam pengobatan.

Beberapa tips dibawah ini adalah untuk Anda yang mengalami penyakit gagal ginjal kronik:

1. Ketahui gejalanya

Penyakit ginjal dan depresi memiliki banyak gejala yang sama. Termasuk kelelahan, gangguan tidur, nafsu makan yang buruk, dan sulit berkonsentrasi. Jika Anda memiliki gejala tersebut, bukan berarti Anda mengalami gangguan depresi, tetapi penting bagi Anda untuk segera berkonsultasi dengan dokter, untuk mengetahui apa penyebab dari gangguan tersebut. Perasaan sedih adalah hal yang normal, terutama jika Anda mengalami penyakit kronis. Kadang, perasaan sedih muncul hanya sementara atau mungkin bisa bertahan lama. Jika selama seminggu tidak ada perubahan, maka sangat disarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui gejala yang berhubungan dengan penyakit ginjal ataukah Anda sedang mengalami depresi. Beberapa gejala tambahan yang diakibatkan oleh depresi seperti, rasa bersalah, malu, tidak berharga, putus asa, menangis, sedih atau marah, menarik diri dari teman atau keluarga, dan pikiran yang dapat merugikan diri sendiri.

2. Jangan takut untuk meminta bantuan

Depresi adalah gangguan yang umum terjadi pada pasien gagal ginjal, kabar baiknya ini bisa diobati! Dokter akan membantu mengatasi hal ini, mungkin termasuk pemberian obat-obatan, konseling atau cara lainnya. Mencari bantuan bukan berarti Anda sedang “gila” ataupun lemah. Ini sebenarnya suatu kekuatan dari dalam diri Anda untuk memahami bahwa Anda memerlukan dan meminta bantuan. Dengan dukungan yang tepat, maka Anda dapat belajar bagaimana cara mengatasi depresi dan menjadi orang yang lebih kuat dan sehat.

3. Berbicaralah

Ingatlah bahwa Anda tidak sendiri. Mencari seseorang atau komunitas untuk sharing dan konseling, dapat membantu Anda untuk mengurangi beban yang sedang Anda pikul. Bersosialisasi dengan teman-teman dan keluarga juga penting, karena memiliki dukungan yang kuat dapat membuat Anda lebih baik untuk mengatasi perasaan yang Anda alami.

4. Bersabar dan coba berpikir positif

Tidak masalah seberapa buruk hal-hal yang terjadi dalam hidup Anda, bersyukurlah atas semua hal yang terjadi dalam hidup Anda, bahkan ketika tampaknya lebih banyak hal yang buruk daripada yang baik. Jangan biarkan pikiran dan perasaan negatif membanjiri Anda saat Anda merasa sedih. Dengan pengobatan yang tepat dan tetap beraktifitas, ini akan memperbaiki suasana hati Anda secara bertahap.

5. Membuat waktu untuk diri sendiri

Penyakit (gagal) ginjal dapat mempengaruhi hubungan yang Anda miliki, baik itu hubungan pekerjaan dan waktu luang Anda, tetapi cobalah untuk mengatur batasan dari penyakit Anda. Jangan biarkan penyakit gagal ginjal yang Anda miliki menguras seluruh energi, pikiran dan aktivitas Anda. Beberapa orang merasa sulit mengatur waktu yang dihabiskan hanya untuk dialisis, dikarenakan mereka merasa seperti kehilangan kesempatan untuk melakukan hal-hal lainnya. Cobalah untuk meluangkan waktu positif dengan teman-teman dan keluarga. Dan juga, tidurlah dengan cukup.

 

 

Leave a Reply