Fosfor dan Diet Pada Penyakit (Gagal) Ginjal

Apa itu fosfor?

Fosfor merupakan salah satu jenis mineral yang memiliki segudang fungsi baik bagi tubuh, termasuk untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Bersama dengan kalsium, fosfor juga diperlukan bagi tubuh untuk membangun tulang yang sehat dan kuat.

Mengapa fosfor begitu penting bagi Anda?

Ginjal yang bekerja normal, dapat membuang kadar fosfor yang berlebihan dalam darah. Ketika Anda memiliki penyakit (gagal) ginjal, maka ginjal tersebut tidak dapat membuang kadar fosfor dalam darah dengan baik.

Fosfor dianggap penting untuk mendukung kinerja organ tubuh dan menjaga kesehatan tubuh, namun ketika asupan yang didapat terlalu banyak, hal ini pun tidak akan baik. Sejumlah penyakit atau gangguan kesehatan lainnya dapat terjadi ketika kelebihan fosfor.

Mengkonsumsi fosfor dalam jumlah yang tinggi bisa membahayakan tubuh, termasuk memicu menurunnya jumlah kalsium di dalam tubuh sehingga kesehatan tulang pun terganggu. Kadar fosfor dan kalsium yang tinggi juga dapat menyebabkan penumpukkan kalsium yang berbahaya di dalam pembuluh darah, paru-paru, mata dan hati. Membatasi jumlah fosfor dan kalsium sangat penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan.

Berapa jumlah kadar fosfor yang aman dalam darah?

Kadar fosfor normal dalam darah adalah 2,5-4,5 mg / dL. Tanyakan kepada dokter atau ahli gizi Anda, berapa nilai terakhir kadar fosfor dalam darah Anda.

Apakah dengan dialisis dapat membantu membuang kadar fosfor dalam darah?

IYA. Dialisis dapat membuang “beberapa” kadar fosfor dalam darah Anda. Hal ini penting juga bagi Anda untuk memahami bagaimana cara membatasi penumpukan fosfor selama melakukan tindakan dialisis.

Bagaimana saya dapat mengontrol kadar fosfor dalam darah?

Anda dapat menjaga kadar fosfor yang normal dengan cara memahami diet dan mengkonsumsi obat-obatan untuk mengontrol kadar fosfor dalam darah. Fosfor dapat ditemukan  secara alami dalam makanan (fosfor organik) dan juga dapat ditemukan dalam makanan yang kaya akan protein seperti daging, unggas, ikan, kacang-kacangan dan produk susu. Fosfor yang diperoleh dalam makanan hewani lebih mudah diserap, dari pada fosfor yang diperoleh dalam makanan nabati.

Fosfor yang telah ditambahkan ke dalam makanan dalam bentuk zat aditif/pengawet (fosfor anorganik), dapat ditemukan dalam makanan seperti makanan cepat saji, minuman kaleng atau botol, daging dan makanan olahan lainnya. Fosfor dalam bentuk aditif/pengawet makanan, sangat mudah diserap. Menghindari fosfor dalam bentuk pengawet dapat menurunkan kadar fosfor dan dapat ditemukan pada label bahan makanan dengan nama “phos”.

Fosfor aditif/pengawet yang dapat ditemukan dalam makanan antara lain:

  1. Dicalcium phosphate
  2. Disodium fosfat
  3. Monosodium phosphate
  4. Phosphoric asam
  5. Sodium hexameta-phosphate
  6. Trisodium phosphate
  7. Sodium tripolyphosphate
  8. Tetrasodium pirofosfat

Di bawah ini adalah daftar makanan tinggi fosfor yang harus dibatasi ataupun dihindari:

MINUMAN: bir, minuman coklat, biji cokelat, minuman cola, minuman yang dibuat dengan susu/es teh susu, minuman soda, minuman dengan aditif fosfat.

PRODUK SUSU: keju, creamer, bahan makanan dari campuran susu/krim, es krim, susu, puding, sup krim, yogurt.

PROTEIN: tiram (seafood), sarden, hati sapi, hati ayam, telur ikan, jeroan.

MAKANAN LAIN: permen coklat, karamel, makanan olahan atau siap saji, pizza, ragi, roti gandum.

Obat apa yang dapat mengontrol kadar fosfor?

Dokter Anda akan membuatkan resep obat yang disebut dengan penggikat fosfor, dan mengkonsumsi obat tersebut dengan waktu atau pada saat makan atau makanan ringan. Obat ini akan membantu mengontrol jumlah fosfor dalam tubuh Anda dan menyerap makanan yang Anda makan.

Ada berbagai jenis pengikat fosfat baik dalam bentuk pil, tablet, bubuk maupun cairan. Beberapa jenis juga mengandung kalsium, sementara yang lainnya tidak. Anda hanya harus mengkonsumsi pengikat fosfat yang diperintahkan oleh dokter ataupun ahli gizi.

Sumber: National Kidney Foundation (NKF)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *