10 Tips Diet Pada Pasien Dialisis

Jika Anda memiliki penyakit Gagal Ginjal Kronis (GGK), nutrisi dan diet yang sehat masih sangat diperlukan pada pengobatan Anda saat ini. Rekomendasi diet akan berubah berdasarkan tahapan pada penyakit ginjal yang Anda miliki. Bagi mereka yang sudah melakukan dialisis, memperhatikan apa yang Anda konsumsi adalah penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Berikut ini adalah tips untuk membuat Anda tetap sehat dalam diet dialisis:

  1. Makanlah makanan yang tinggi protein setiap kali Anda makan. Termasuk daging, ikan, unggas, daging babi ataupun telur.
  2. Pilihlah makanan yang rendah kalium dan fosfor.
  3. Hindari selai kacang, kacang-kacangan atau kacang kering, dan biji-bijian. Meskipun makanan ini tinggi protein, tetapi mereka juga memiliki kalium dan fosfor yang tinggi.
  4. Gunakan sedikit garam dan makanlah makanan yang rendah garam. Ini akan membantu Anda untuk mengontrol tekanan darah dan mengurangi kelebihan berat badan cairan antar sesi dialisis berikutnya.
  5. Mengunakan rempah-rempah dan bumbu tanpa garam pada makanan (sebagai penganti garam).
  6. Hindari penganti garam yang mengandung tinggi kalium.
  7. Hindari gandum dan makanan serat tinggi lainnya seperti roti gandum, sereal bekatul dan beras merah untuk membantu membatasi asupan fosfor dalam darah.
  8. Batasi asupan susu, yogurt dan keju. Makanan ini sangat tinggi fosfor. Membatasi jenis makanan produk susu akan melindungi tulang dan pembuluh darah.
  9. Semua buah memiliki kadar kalium. Membatasi kalium akan melindungi jantung Anda. Pilihlah buah Apel dan batasi makan jeruk dan pisang secara berlebihan.
  10. Semua sayuran juga memiliki kadar kalium. Pilih kacang polong hijau dan kubis, batasilah makan kentang dan brokoli secara berlebihan.

Sumber: National Kidney Foundation (NKF)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar