Loading...
CAPDHemodialisisKesehatanMakananTransplantasi Ginjal

Apa yang Ingin Saya ketahui Tentang Gagal Ginjal dan Bagaimana Cara Pengobatannya?

Apa itu ginjal dan Apa tugas mereka?

Anda mempunyai dua buah ginjal. Ginjal berbentuk mirip seperti kacang. Setiap ginjal berukuran kepalan tangan. Ginjal terletak di bawah tulang rusuk dan disetiap sisi tulang belakang. Fungsi ginjal menyaring darah. Setiap ginjal terdiri dari 1 juta nefron yang berfungsi menyaring darah. Setiap menit dalam setiap hari, ginjal akan berkerja untuk membuang limbah yang dapat menganggu kesehatan Anda. Mereka juga membuang cairan extra dari darah Anda. Limbah dan Cairan extra akan keluar sebagai urin. Urin mengalir dari ginjal ke kantong kemih melalui sebuah tabung yang disebut dengan ureter. Dan dikantong kemih sampai Anda buang air kecil. Kemudian, urin keluar meninggalkan tubuh melalui sebuah tabung yang disebut dengan uretra.

kidney_filter

Apa itu gagal ginjal?

Gagal ginjal berarti ginjal Anda tidak lagi dapat menyaring darah dengan cukup baik untuk membuat Anda tetap sehat. Gagal ginjal juga berari bahwa ginjal telah bekerja dengan buruk untuk membuang limbah dan cairan extra dari darah Anda. Limbah dan cairan extra mulai menumpuk di dalam tubuh. Penumpukan limbah ini dapat membuat Anda menjadi sakit. Beberapa gejala diantaranya adalah:

  • Pembengkakan di pergelangan kaki, wajah, atau perut
  • Sakit di bagian perut
  • Muntah
  • Kehilangan selera makan
  • Kehilangan rasa (malas)
  • Mudah lelah
  • Lemah
  • Sakit kepala

sick-man

Apa penyebab paling umum dari gagal ginjal?

Diabetes dan tekanan darah tinggi adalah penyebab paling umum dari penyakit gagal ginjal. Faktor-faktor lain termasuk jantung dan penyakit pembuluh darah serta riwayat keluarga dengan penyakit gagal ginjal. Ras Afrika Amerika, Hispanik/Latin, dan Indian Amerika lebih mungkin untuk mengalami gagal ginjal.

Apa saja pengobatan untuk gagal ginjal?

Pengobatan untuk gagal ginjal adalah

  • Hemodialisis
  • Dialisis peritoneal
  • Transplantasi ginjal
  • Manajemen konservatif

Apa itu hemodialisis?

Hemodialisis adalah pengobatan untuk gagal ginjal yang dilakukan beberapa kali waktu dalam seminggu. Beberapa orang belajar untuk melakukan hemodialisis di rumah mereka. Hemodialisis menggunakan mesin untuk menyaring darah ketika ginjal sudah tidak dapat lagi bekerja menyaring darah dengan baik. Dengan hemodialisis, darah akan keluar dan disaring diluar tubuh. Darah kotor dari dalam tubuh akan dikeluarkan dan mengalir ke sebuah tabung dializer untuk dibersihkan. Kemudian darah yang telah bersih masuk kembali ke tubuh.

Pertama, seorang perawat dialisis akan menempatkan (menusuk) jarum ke lengan Anda. Pompa pada mesin hemodialisis akan menarik darah Anda melalui salah satu jarum dan masuk kedalam tabung. Tabung untuk penyaring darah ini yang disebut dengan dializer.

Didalam dializer, darah akan mengalir melalui serat tipis. Limbah dan cairan extra akan meninggalkan darah melalui lubang-lubang kecil pada serat tersebut. Kemudian selang yang berbeda akan membawa darah yang bersih ke dalam tubuh melalui jarum yang kedua.

Mesin hemodialisis akan membuang limbah dan cairan exstra seperti bagaimana tubuh Anda membuat urin. Hemodialisis tidak membuat ginjal menjadi lebih baik. Namun, itu akan membantu Anda merasa lebih baik dengan menyaring darah kotor ketika ginjal Anda gagal bekerja.

hemodialysis

Apa itu dialisis peritoneal?

Dialisis peritoneal menggunakan lapisan rongga perut untuk menyaring darah di dalam tubuh. Anda dapat melakukan dialisis peritoneal di rumah, karena ini menggunakan tubuh Anda untuk menyaring. Dokter akan menempatkan selang/tabung lunak yang disebut dengan kateter pada perut Anda beberapa minggu sebelum memulai terapi pengobatan. Kateter akan tetap diperut Anda secara permanen.

Cairan garam akan dimasukan ke dalam rongga perut Anda melalui kateter. Kemudian Anda dapat bergerak dan beraktivitas seperti biasa. Sementara cairan garam di dalam perut Anda, cairan tersebut akan mengumpulkan seluruh limbah dan cairan extra dari dalam tubuh Anda. Setelah beberapa jam, Anda akan mengeluarkan cairan tersebut dari perut Anda kedalam sebuah kantong penampungan. Cairan garam akan membuang limbah dan cairan extra dari dalam tubuh Anda. Cairan garam dapat dibuang ke dalam toilet. Kemudian Anda memulai mengisi kembali dengan kantong cairan garam yang masih baru. Anda akan mengosongkan dan mengisi perut Anda dengan cairan garam 4-6 kali sehari.

Cairan garam selalu diperut untuk menyerap limbah dan cairan ekstra. Dialisis peritoneal tidak membuat ginjal Anda lebih baik. Namun, mungkin membantu Anda merasa lebih baik dengan menyaring darah kotor Anda saat ginjal gagal bekerja.

peritoneal_dialysis-1

Apakah ada obat-obatan untuk gagal ginjal?

TIDAK. Hemodialisis dan dialisis peritoneal akan membantu kondisi Anda menjadi lebih baik dan hidup lebih lama. Namun, mereka tidak menyembuhkan gagal ginjal.

Meskipun orang-orang dengan gagal ginjal sekarang hidup lebih lama dari pada sebelumnya, bertahun-tahun dengan penyakit ginjal dapat menyebabkan masalah seperti penyakit jantung, arthritis, kerusakan saraf, infertilitas, dan kekurangan gizi. Masalah-masalah ini tidak akan sembuh hanya dengan dialisis. Namun, dokter sekarang memiliki cara baru dan lebih baik – mencegah dan mengobati masalah tersebut. Anda harus membicarakan masalah dan pengobatan ini kepada dokter.

Apa yang dimaksud dengan transplantasi ginjal?

Transplantasi ginjal menempatkan ginjal yang sehat dari orang lain ke dalam tubuh Anda. Ginjal juga dapat berasal dari seseorang yang baru saja meninggal dan biasanya ini memerlukan daftar tunggu yang panjang. Keluarga ataupun teman juga bisa memberikan ginjal dan ini tidak perlu menunggu.

Setelah ginjal yang baru ditempatkan di dalam tubuh Anda, maka ginjal tersebut akan mengambil alih dalam menyaring darah. Ginjal yang rusak biasanya tetap di dalam tubuh, selama tidak mengganggu ginjal yang baru. Ginjal baru akan ditempatkan di perut bagian depan – kiri atau kanan bawah, dekat dengan kantong kemih. Tubuh Anda biasanya akan menyerang benda asing, seperti bakteri. Tubuh akan berpikir bahwa ginjal baru seharusnya tidak ada disana. Untuk mengatasi ini, Anda akan mengkonsumsi obat-obatan yang disebut dengan immunosupresan untuk menjaga tubuh agar tidak menyerang ginjal yang baru.

kidney_transplant-1

Apa itu manajemen konservatif?

Manajemen konservatif berarti dokter akan merawat Anda tanpa dialisis ataupun transplantasi. Para dokter dapat memberikan obat-obatan yang akan membuat Anda merasa nyaman. Manajemen konservatif dapat dilakukan di rumah.

Beberapa orang memilih manajemen konservatif ketika dialisis atau transplantasi tidak membantu mereka untuk hidup lebih lama atau akan membuat kondisi mereka lebih buruk. Tanpa dialisis atau transplantasi, Anda dapat hidup selama beberapa minggu atau beberapa bulan saja.

Bagaimana cara untuk menentukan pengobatan yang tepat untuk saya?

Jika Anda memiliki gagal ginjal, belajarlah tentang perawatan pengobatan dan pikirkan tentang mana yang paling sesuai untuk Anda. Berbicaralah dengan para pasien yang melakukan hemodialisis dan dialisis peritoneal. Tanyakan mana yang baik dan buruk dari setiap tindakan perawatan. Jika Anda membuat dan menemukan pilihan yang Anda tidak sukai, bicarakan dengan dokter untuk mencoba sesuatu yang lain. Tanyakan kepada dokter tentang transplantasi dan obat-obatan yang diperlukan setelah transplantasi. Berbicara dengan orang-orang yang telah melakukan transplantasi ginjal dan tanyakan bagaimana hal tersebut telah mengubah hidup mereka.

Jika Anda berencana untuk tetap bekerja, berpikirlah tentang pengobatan yang tepat dan mudah untuk pekerjaan Anda. Jika ingin memiliki waktu yang luang dengan keluarga dan teman-teman, tanyakan mana pengobatan yang memberikan waktu secara bebas. Mencari tahu tentang pengobatan akan memberikan kualitas hidup yang sehat dan hidup lebih lama.

Jika Anda berpikir tentang manajemen konservatif, bicarakan dengan keluarga, teman, dokter atau konsultan kesehatan mental sebelum memutuskan.

Anda dapat mengkontrol kesehatan dengan berbicara kepada dokter. Anda mungkin perlu waktu untuk terbiasanya dengan pengobatan yang baru. Gagal ginjal dapat membuat hidup Anda lebih sulit. Dengan perawatan yang baik, hal itu dapat membantu meningkatkan kualitas kehidupan Anda.

Pertanyaan apa yang harus saya tanyakan dengan dokter?

Anda mungkin ingin bertanya kepada dokter, berikut ini beberapa pertanyaan yang Anda dapat sampaikan:

  1. Pengobatan mana yang paling baik untuk saya sebagai pasien gagal ginjal ?
  2. Jika saya melakukan tindakan pengobatan di unit dialisis, dapatkan saya melakukannya sesuai pilihan saya?
  3. Apa yang harus saya perhatikan pada unit dialisis?
  4. Sebagai pasien hemodialisis, apakah saya dapat tetap bekerja? Dapatkah saya melakukan perawatan dialisis pada malam hari? Apakah saya dapat merawat dan menjaga anak-anak saya?
  5. Berapa banyak yang harus saya pelajari tentang dialisis?
  6. Siapa yang dapat saya hubungi dengan masalah ini?
  7. Berapa lama seseorang seperti saya dapat hidup dengan dialisis?
  8. Bagaimana pola hidup pasien dengan dialisis?

Makanan, Diet dan Nutrisi

Makan makanan yang sehat dapat membantu Anda menjaga energi agar tetap kuat. Semua pusat dialisis dan transplantasi memiliki ahli gizi. Ahli gizi untuk membantu pasien dengan gagal ginjal tentang makanan yang sehat. Anda harus bicara dengan Ahli gizi untuk membuat rencana makanan yang sehat.

Diet terbaik untuk Anda akan tergantung pada perawatan gagal ginjal yang Anda pilih setelah berkonsultasi dengan dokter Anda.

  1. Hemodialisis 
  • Batasi jumlah cairan atau air yang Anda minum. Cairan dapat menumpuk di dalam tubuh Anda antara sesi dialisis berikutnya. Dan Juga, banyak makanan yang mengandung air. Cairan extra di dalam tubuh dapat menyebabkan pembengkakan dan tekanan darah tinggi. Cairan extra dalam tubuh dapat juga membuat jantung bekerja lebih keras.
  • Batasi natrium atau garam. Lihat jumlah natrium pada makanan beku dan makanan siap saji. Anda juga dapat menemukan natrium/sodium dalam makanan kaleng (daging, sosis) dan makanan cepat saji. Sodium akan membuat Anda terasa lebih haus, sehingga membuat Anda minum lebih banyak dari yang seharusnya.
  • Batasi kalium. Kalium ditemukan pada buah-buahan dan sayuran seperti kentang, tomat, jeruk dan pisang. Terlalu banyak kalium dapat menyebabkan jantung Anda berdebar tidak beraturan. Hemodialisis tidak dapat membuang kalium dari tubuh Anda dengan baik.
  • Makan makanan kaya protein seperti daging, ikan dan telur. Hemodialisis juga menghilangkan protein dari tubuh Anda.
  • Batasi fosfor. Fosfor menjaga tulang, pembuluh darah, dan otot untuk bekerja. Namun, jika terlalu banyak fosfor dapat membuat tulang Anda lemah. Membatasi fosfor sangat sulit. Makanan yang mengandung fosfor seperti daging dan susu, juga mengandung protein yang Anda butuhkan. Anda harus berhati-hati untuk makan protein yang cukup, namun tidak begitu banyak untuk mendapatkan jumlah fosfor. Anda dapat menghindari makanan lain yang mengandung fosfor seperti, cola, teh, kacang, dan kacang-kacangan.
  • Temukan cara yang sehat untuk menambah jumlah kalori pada diet Anda. Kalori dapat ditemukan di semua jenis makanan yang dapat memberikan energi pada tubuh Anda. Banyak orang hemodialisis tidak memiliki napsu makan yang baik dan tidak mendapatkan cukup kalori. Minyak nabati merupakan sumber kalori yang baik. Minyak nabati termasuk minyak zaitun, minyak canola, dan minyak safflower.
  • Gunakan minyak nabati tersebut pada roti, nasi dan mie. Permen, gula, madu, selai, dan jeli dapat memberikan kalori dan energi. Namun jika Anda memiliki diabetes, konsultasikan dengan dokter sebelum Anda mengkonsumsi permen extra tersebut.

water-concept_360x207

2. Dialisis Peritoneal

  • Minumlah banyak air selama Anda membutuhkannya. Jika Anda memiliki jumlah cairan yang banyak atau sedikit, Dokter Anda perlu tahu hal tersebut.
  • Batasi Natrium untuk mengontrol rasa haus dan membantu untuk mencegah masalah jantung. Anda dapat menggunakan rempah-rempah selain garam untuk rasa setiap makanan Anda.
  • Anda mungkin perlu makan lebih banyak makanan yang kaya akan kalium. Dialisis peritoneal menghilangkan kalium dari dalam tubuh. Bicarakan dengan dokter dan ahli gizi tentang jumlah kalium yang tepat untuk Anda.
  • Makan makanan yang kaya protein. Dialisis peritoneal menghapus lebih banyak protein dari tubuh Anda daripada hemodialisis.
  • Batasi fosfor untuk menjaga tulang Anda tetap kuat.
  • Anda mungkin perlu membatasi asupan jumlah kalori. “Air garam” juga mengandung gula. Tubuh Anda menyerap gula, yang dapat menyebabkan Anda menjadi gemuk.

spices

3. Transplantasi Ginjal

  • Batasi Natrium untuk membantu mencegah masalah jantung.
  • Anda dapat makan makanan dengan jumlah fosfor dan kalium secara normal. Anda mungkin perlu melakukan pemeriksaan test darah untuk menyesuaikan masalah ini.
  • Makan makanan yang kaya akan protein untuk memperbaiki kerusakan otot dan melindungi Anda dari infeksi.
  • Anda mungkin perlu membatasi kalori Anda. Obat-obatan yang Anda konsumsi bisa membuat berat badan Anda bertambah gemuk.

protein

4. Manajemen Konservatif

  • Batasi protein untuk mencegah penumpukan limbah dalam darah Anda.
  • Anda mungkin memiliki kebutuhan dan batasan lainnya, itu semua tergantung pada seberapa baik perawatan anda dalam bekerja.

Poin yang harus Anda ingat

  1. Gagal ginjal berarti ginjal Anda tidak lagi dapat menyaring darah dengan cukup baik untuk membuat Anda tetap sehat.
  2. Pengobatan untuk gagal ginjal adalah:
    • Hemodialisis
    • Dialisis peritoneal
    • Transplantasi ginjal
    • Manajemen konservatif
  3. Hemodialisis menggunakan mesin untuk menyaring darah Anda ketika ginjal tidak dapat lagi menyaring darah dengan baik.
  4. Dialisis peritoneal menggunakan lapisan rongga perut untuk menyaring darah di dalam tubuh.
  5. Transplantasi ginjal menempatkan ginjal yang sehat dari orang lain ke dalam tubuh Anda.
  6. Manajemen konservatif berarti dokter akan merawat Anda tanpa dialisis ataupun transplantasi. Para dokter dapat memberikan obat-obatan yang akan membuat Anda merasa nyaman.
  7. Semua pusat dialisis dan transplantasi memiliki ahli gizi. Ahli gizi dapat membantu pasien gagal ginjal belajar tentang pilihan makanan yang sehat dan tepat.

 

Sumber: 

National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Editor's choice
Skip to toolbar