Loading...
Kesehatan

Gagal Ginjal Akut: Ketika Ginjal Tiba-tiba Berhenti Bekerja

Jika Anda masih bingung membedakan antara Gagal Ginjal Akut (GGA) dan Gagal Ginjal Kronik (GGK), saat ini Anda datang ke tempat yang tepat.

Gagal Ginjal Kronis adalah suatu kondisi dimana kemampuan ginjal untuk menyaring limbah dari aliran darah menjadi lebih buruk dari waktu ke waktu, pada umumnya terjadi selama periode tahunan.

Gagal Ginjal Akut adalah secara tiba-tiba ginjal kehilangan kemampuan bekerja. Jika ginjal Anda mengalami cedera langsung atau terjadinya obstruksi (penyumbatan), Anda memiliki resiko terjadinya Gagal Ginjal Akut. Meskipun kondisi ini dapat mengancam keselamatan jiwa, atau bisa juga sebaliknya.

Apa lagi yang harus saya ketahui tentang Gagal Ginjal Akut?

Gagal Ginjal Akut adalah kehilangan secara tiba-tiba dari fungsi organ ginjal. Kondisi ini berkembang sangat cepat, biasanya hanya dalam beberapa hari.

Ginjal yang sehat berfungsi menyaring dan membuang limbah dan cairan extra dari dalam darah dan membuangnya melalui urin. Ketika Anda mengalami Gagal Ginjal Akut, ginjal akan bekerja kurang dari 10 persen dari fungsi normal. Hal ini berarti, limbah seperti kreatinin dan nitrogen urea menumpuk dalam aliran darah. Jika limbah ini tidak segera dibuang atau dihapus dari dalam tubuh, Anda akan merasa kesakitan.

Apa yang menyebabkan Gagal Ginjal Akut?

Gejala gagal ginjal dapat sangat sulit untuk di deteksi. Gagal Ginjal Akut dapat terjadi karena berbagai alasan:

  1. Cedera fisik yang keras dapat merusak organ dalam, termasuk ginjal.
  2. Paparan logam, pelarut dan antibiotik tertentu serta obat-obatan.
  3. Infeksi ginjal dapat juga menyebabkan ginjal berhenti bekerja secara tiba-tiba.

Penyumbatan pada saluran kemih atau arteri ginjal adalah salah satu terjadinya Gagal Ginjal Akut. Tumor, batu ginjal atau pembesaran prostat dapat menghalangi aliran urin di saluran kemih. Sumbatan pada arteri ginjal akan menghambat pasokan oksigen ke ginjal, dan ginjal juga membutuhkan oksigen untuk berfungsi.

Shock atau trauma pada tubuh juga dapat menyebabkan tekanan darah rendah. Kadang-kadang stress tindakan operasi pada tubuh dapat menurunkan tekanan darah ketingkat yang berbahaya. Tekanan darah yang sangat rendah berarti ada penurunan aliran darah, dan ginjal tidak akan menerima oksigen atau menyaring darah se-efisien sebelumnya.

Apa saja gejala Gagal Ginjal Akut?

Salah satu gejala gagal ginjal yang paling jelas adalah penurunan jumlah urin. Gejala ini terjadi pada 70% kasus. Banyak orang dengan Gagal Ginjal Akut hanya mengeluarkan urin sebanyak 500ml per hari (rata-rata orang dewasa kencing sebanyak 2 liter per hari)

Ketika urin yang keluar sangat sedikit, penumpukan cairan terjadi, menyebabkan pembengkakan di kaki dan pergelangan kaki. Hal ini dikarenakan limbah tidak dapat keluar dari tubuh, Anda pun akan merasa sakit. Selain itu banyak juga orang mengalami:

  1. Mual
  2. Muntah.
  3. Merasa mengantuk.
  4. Kehilangan Konsentrasi.
  5. Mati rasa pada tangan dan kaki.

Dokter akan melakukan pemeriksaan untuk beberapa test yang dapat mendiagnosa Gagal Ginjal Akut dengan cara test darah maupun urin.

Bagaimana Gagal Ginjal Akut dapat diobati?

Pertama, dokter akan melakukan evaluasi penyakit yang menyebabkan terjadinya gagal ginjal. Infeksi dapat diobati dengan cara memberikan obat-obatan. Penyumbatan, seperti tumor atau batu ginjal, mungkin akan di hapus dari dalam tubuh. Karena mengobati penyebab Gagal Ginjal Akut membutuhkan waktu, tubuh Anda tidak dapat menghapus limbah dari dalam aliran darah. Untuk mengeluarkan racun dari aliran darah dan membantu kondisi Anda lebih baik, mungkin Anda juga membutuhkan dialisis.

Kadang-kadang, orang dengan Gagal Ginjal Akut memiliki kadar kalium yang tinggi dalam darah mereka. Kondisi ini disebut dengan hiperkalemia. Dokter akan meresepkan obat untuk mengontrol kadar kalium dalam darah.

Untuk membantu menjaga limbah dan elektrolit darah pada level yang masih bisa diterima, Anda harus melakukan diet rendah protein, garam dan kalium. Asupan cairan juga akan dibatasi.

Dapatkah saya mencegah terjadinya Gagal Ginjal Akut?

Tetap sehat adalah cara terbaik untuk mencegah Gagal Ginjal Akut. Jika Anda harus dirawat di rumah sakit untuk tindakan operasi atau penyakit lainnya, Anda harus sadar akan resiko dan komplikasi dari setiap prosedur tindakan. Segera laporkan setiap perubahan jumlah urin Anda yang keluar. Dan, seperti biasa, ikuti petunjuk dokter dan perawat.

Sumber: www.davita.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Editor's choice
Skip to toolbar