Loading...
Kesehatan

Cystatin C

Apa itu Cystatin C?

Cystatin C adalah protein yang diproduksi oleh sel-sel dalam tubuh Anda. Ketika ginjal bekerja dengan baik, maka ginjal akan menjaga kadar cystatin C dalam darah Anda dengan tepat. Jika kadar cystatin C dalam darah Anda tinggi, berarti ginjal Anda tidak bekerja dengan baik.

Sebuah pemeriksaan darah untuk Cystatin C dapat membantu dokter untuk menemukan nilai eLFG  (estimasi Laju Filtrasi Glomerulus) Anda. Nilai eLFG akan membantu dokter untuk mengetahui seberapa baik fungsi ginjal Anda bekerja.

Apa itu eLFG (estimasi Laju Filtrasi Glomerulus)?

eLFG dapat memberitahu banyak tentang seberapa baik ginjal Anda bekerja. Organ Ginjal sangatlah penting. Ginjal menyaring limbah dan air extra dari tubuh Anda, membantu membuat sel-sel darah merah, dan menjaga tulang agar kuat. Jika nilai eLFG Anda rendah, maka ginjal tidak dapat bekerja dengan baik seperti biasanya. Inilah tanda penyakit ginjal.

Bagaimana memeriksa nilai eLFG?

Melakukan test darah sederhana untuk kreatinin adalah langkah awal untuk menemukan nilai eLFG. Kreatinin adalah produk limbah yang dibuat oleh otot-otot Anda. Ginjal biasanya menjaga kadar kreatinin yang tepat dalam darah. Kadar kreatinin dalam darah, usia, ras, dan jenis kelamin digunakan dalam perhitungan untuk memperkirakan nilai eLFG Anda.

Cara lain untuk memperkirakan eLFG adalah dengan mengambil sample darah untuk Cystatin C. Seperti Kreatinin, nilai Cystatin digunakan untuk menghitung formula yang juga disesuaikan dengan usia, ras dan jenis kelamin untuk memperkirakan nilai eLFG. Pemeriksaan Cystatin C tidak selalu atau biasa digunakan oleh dokter untuk memperkirakan nilai eLFG. Tapi pemeriksaan ini sangat membantu untuk beberapa kasus.

Kapan Cystatin C digunakan untuk memperkirakan nilai eLFG?

Pemeriksaan darah untuk Cystatin akan membantu jika;

  1. Pemeriksaan fungsi ginjal sebelumnya tidak meyakinkan/meragukan atau harus dipastikan lagi. Dalam hal ini, penyedia layanan kesehatan dapat memberikan test Cystatin C untuk memastikan apakah Anda memiliki penyakit ginjal.
  2. Kelebihan berat badan, usia lanjut atau memiliki banyak otot (seperti binaragawan). Cystatin C berdasarkan nilai eLFG diyakini kurang dipengaruhi oleh massa otot dan perkiraan dasar kreatinin.

Apakah saya memerlukan test lainnya selain eLFG untuk mengetahui penyakit ginjal?

Iya. Selain eLFG, Anda harus melakukan test urin sederhana yang disebut dengan ACR (Albumin Creatinine Ratio). Test ini untuk memeriksa protein di dalam urin. Tubuh Anda membutuhkan protein, tetapi harus didalam darah, bukan di urin. Memiliki dalam jumlah kecil protein di dalam urin, kemungkinan ginjal Anda tidak menyaring darah dengan baik. Ini dapat menjadi pertanda awal penyakit ginjal.

Dapatkah penyakit ginjal diobati?

Iya. Menemukan dan mengobati penyakit ginjal lebih dini sangatlah penting. Dengan pengobatan dini, sangat dimungkinkan mempertahankan ginjal agar tidak menjadi lanjut.

Sumber: National Kidney Foundation (NKF)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Editor's choice
Skip to toolbar