5 Cara untuk Berhenti “Meng-asin-kan” Ginjal Anda

Ketika ingin diet rendah garam (sodium dan natrium), tentunya ini hal yang paling baik. Namun, hari ini banyak orang Amerika mengkonsumsi banyak garam dari yang direkomdasikan hanya satu sendok teh saja per hari. Konsumsi tinggi garam dapat meningkatkan tekanan darah tinggi. Tekanan darah yang tinggi dapat merusak ginjal dari waktu ke waktu, dan ini merupakan penyebab utama penyakit gagal ginjal.

Berikut ini adalah 5 tip untuk mengurangi garam dalam diet Anda.

1. Biasakan membaca label makanan.

Label sodium selalu ditulis pada setiap makanan. Label jumlah sodium dapat bervariasi dari setiap nama merek makanan, sehingga Anda dapat membandingkan nilai sodium yang paling rendah. Makanan tertentu tidak terasa asin tapi sebenarnya justru tinggi natrium, seperti keju, jadi penting untuk melihat label.

2. Makanan yang segar adalah yang paling baik.

Pilih Daging, buah-buahan dan sayuran yang segar, dari pada makanan kemasan yang cenderung lebih tinggi sodium.

3. Hindari rempah dan bumbu yang mengandung garam.

Hindari rempah-rempah dan bumbu pada masakan yang ditambahkan garam. misalnya, menghindari bawang putih yang ditambahkan garam. Pilihlah bumbu bawang putih tanpa garam atau bubuk bawang putih sebagai gantinya.

4. Makanlah dengan penuh percaya diri.

Banyak restoran yang menampilkan kadungan sodium di produk mereka melalui website, jadi lihat dirumah sebelum Anda makan diluar. Dan juga, dapat memesan makanan tanpa garam pada makanan yang akan Anda makan.

5. Sabar menunggu akan menjadi kebiasaan makan rendah garam.

“Anda akan terbiasa dengan makan makanan dengan sedikit garam”, kata ahli nutrisi Linda Ulerich, anggota Dewan NKF. Ini biasanya membutuhkan waktu sekitar enam sampai delapan minggu, agar terbiasa mengkonsumsi makanan rendah garam. Setelah itu, Anda akan merasakan beberapa makanan yang asin padahal itu makanan favorit Anda, seperti kripik kentang yang rasanya terlalu asin bagi Anda.

Sumber: National Kidney Foundation (NKF)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *