Loading...
MinumanTips

Cairan Berlebih pada Pasien Dialisis?

Terlalu banyak air di dalam tubuh sering disebut dengan “overload” atau “hypervolemia”. Salah satu fungsi utama dari organ ginjal adalah untuk menyeimbangkan cairan di dalam tubuh. Jika terlalu banyak cairan yang menumpuk di dalam tubuh, maka akan mengganggu kesehatan Anda, seperti kesulitan bernapas dan terjadi pembengkakan.

Ketika Anda melakukan dialisis, ginjal tidak dapat menyeimbangkan cairan dengan benar pada tubuh Anda. Mereka tidak dapat membuang cairan yang cukup melalui urin. Ini mengapa setiap pasien sangat penting untuk membatasi garam dan cairan antara rentang waktu dialisis selanjutnya. Menjaga jumlah cairan akan membantu tubuh Anda, sehingga selama menjalani perawatan dialisis akan lebih mudah untuk membuang cairan extra di dalam tubuh.

Bagaimana efek samping jika Anda kelebihan cairan?

  • Pembengkakan. Pembengkakan pada kaki, pergelangan kaki, pergelangan tangan dan wajah adalah akibat dari cairan berlebih pada tubuh Anda. Ini yang disebut edema.
  • Ketidaknyamanan. kram, sakit kepala dan perut kembung dapat membuat Anda merasa tidak nyaman.
  • Tekanan darah tinggi. Kelebihan cairan dalam aliran darah akan membuat tubuh sulit untuk menjaga tekanan darah yang baik dan normal.
  • Sesak napas. Cairan yang berlebih akan masuk ke paru-paru Anda, sehingga membuat Anda sulit bernapas.
  • Masalah jantung. Cairan extra dapat mempengaruhi detak jantung, otot-otot jantung, dan meningkatkan ukuran jantung Anda.

Bagaimana cara untuk menghindari kelebihan cairan pada tubuh?

  • Mengukur cairan Anda. Beberapa pasien menggunakan visual untuk membantu melihat berapa cairan yang sudah mereka minum. Cari wadah yang dapat menandai atau membuat catatan setiap cairan yang telah Anda konsumsi.
  • Ikuti panduan cairan yang disarankan oleh dokter. Pasien dialisis perlu membatasi asupan cairan kurang dari 1 kilogram per hari (24 jam).
  • Kontrol rasa haus. Ahli nutrisi dapat membantu Anda menemukan cara untuk mengontrol rasa haus, seperti permen bebas gula, es chip, atau anggur beku. Hal ini dapat menghindari Anda untuk minum terlalu banyak antara perawatan jadwal dialisis selanjutnya.
  • Batasi natrium. Natrium dalam bentuk garam, menyebabkan tubuh menahan cairan. Terlalu banyak garam dalam diet Anda, akan meningkatkan jumlah cairan dalam tubuh serta sulit untuk mengeluarkan cairan tersebut selama perawatan dialisis.
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Editor's choice
Skip to toolbar