Suplement Herbal dan Penyakit (Gagal) Ginjal

Apakah aman bagi kita yang memiliki penyakit ginjal untuk menggunakan suplement dari herbal alami?

Jawabannya adalah TIDAK AMAN. Anda boleh mempertimbangkan penggunaan suplemen dari herbal untuk membantu masalah kesehatan lainnya, tetapi sebagai pasien penyakit (gagal) ginjal, Anda TIDAK BOLEH menggunakan suplemen dari herbal.

Penggunaan suplemen herbal tidak aman apabila Anda memiliki masalah penyakit (gagal) ginjal, dikarenakan beberapa produk herbal dapat membahayakan ginjal Anda dan bahkan bisa memperparah kondisi penyakit Anda. Dan juga, ginjal Anda tidak dapat membersihkan sisa residu/sampah dari produk tersebut yang kelak akan menumpuk di dalam tubuh.

Pasar penjualan suplemen herbal adalah sebuah bisnis yang bernilai milliaran rupiah. Anda mungkin mendengar kabar dari kerabat ataupun sanak keluarga tentang bagaimana suplemen herbal dipercaya bisa membantu meningkatkan kesehatan ataupun kesejahteraan hidup, lalu mereka menyarankannya kepada Anda. Saran ini mungkin bermanfaat bagi mereka, tapi bisa berbahaya bagi Anda yang mempunyai penyakit (gagal) ginjal.

Apa fakta di balik suplemen herbal ini?

Berikut ini adalah fakta-fakta tentang suplemen herbal yang benar bagi kita semua, baik yang sehat ataupun yang mempunyai penyakit (gagal) ginjal. Suplemen herbal sering memiliki lebih dari 1 nama jenis : yang umum disebut ataupun dengan jenis nama tanamannya.

Beberapa hal yang harus diperhatikan tentang suplemen herbal:

  1. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) tidak mengatur dosis pada suplemen herbal, termasuk kandungan dan kemurniannya.
  2. Beberapa suplemen herbal memiliki kandungan aristolochic acid (sejenis dengan karsinogenik), yang berbahaya bagi ginjal.
  3. Suplemen herbal yang diproduksi oleh negara-negara lain mungkin mengandung logam berat.
  4. Hanya beberapa studi yang ditemukan mengenai fakta kebenaran dimana suplemen herbal bisa bermanfaat bagi kesehatan, dan bahkan sangat sedikit informasi yang menyangkut pasien yang penderita penyakit (gagal) ginjal.
  5. Suplemen herbal bisa mempengaruhi fungsi obat yang tengah Anda konsumsi, baik itu menurunkan ataupun meningkatkan kerja dari obat-obatan tersebut.

Apa saja suplemen herbal yang mengandung potassium/kalium?

Potassium adalah sejenis mineral yang jumlahnya harus dibatasi pada pola diet pasien penyakit (gagal) ginjal terutama bagi mereka yang menjalankan terapi dialisis.

Suplemen herbal yang mengandung potassium antara lain:

ic-441

Apa saja suplemen herbal yang mengandung fosfor?

Fosfor adalah sejenis mineral yang perlu dibatasi pada pola diet pasien penderita penyakit (gagal) ginjal, terutama yang sedang menjalankan terapi dialisis.

Beberapa jenis suplemen herbal yang mengandung fosfor antara lain:

ic-5961

Apa saja suplemen herbal yang perlu kita hindari apabila kita memiliki penyakit (gagal) ginjal?

Anda harus menghindari SEMUA jenis suplemen herbal apabila Anda memiliki penyakit (gagal) ginjal. Suplemen herbal yang sangat berbahaya bagi seluruh pasien penyakit (gagal) ginjal dalam segala tingkatan, baik yang menjalankan dialisis ataupun yang telah melakukan transplantasi ginjal, diantaranya meliputi:

ic-2954

Bagaimana dengan suplemen herbal yang mempunyai fungsi diuretik?

Diuretik adalah obat yang memungkinkan ginjal untuk mengekskresikan urin lebih banyak, yang pada gilirannya membantu menghilangkan kelebihan cairan dari tubuh.

Beberapa suplemen herbal yang berfungsi sebagai diuretik atau sering disebut “pil air”, bisa menyebabkan “iritasi pada ginjal” bahkan kerusakan. Ini termasuk daun bucha dan juniper berries. Kapsul uva ursi dan parsley juga mempunyai efek samping yang buruk.

Apakah suplemen herbal mengganggu kinerja dari obat-obatan yang sedang kita konsumsi?

Banyak jenis suplemen herbal yang dapat mempengaruhi obat-obatan. Beberapa contoh adalah st.johns wort, echinacea, ginkgo, bawang putih, ginseng, jahe, dan blue cohosh. Resiko akan lebih meningkat terutama bagi Anda yang telah menjalankan transplantasi ginjal. Karena pengaruh dari suplemen herbal pada obat-obatan Anda bisa mengakibatkan Anda kehilangan ginjal.

Apakah ada masalah kesehatan lain yang berkaitan dengan suplemen herbal?

Seperti pada umumnya, pasien dengan penyakit (gagal) ginjal akan memiliki masalah lain yang berkaitan dengan kesehatan tubuhnya. Apabila Anda memiliki masalah pendarahan, Anda lebih beresiko mempunyai reaksi yang buruk terhadap suplemen herbal. Begitu pula dengan wanita hamil dan menyusui, dan anak-anak, juga beresiko tinggi terhadap hal ini.

Pasien penderita penyakit (gagal) ginjal TIDAK seharusnya menggunakan suplemen herbal, namun apabila Anda memilih untuk mengkonsumsinya, sebaiknya Anda tetap memberitahukan kepada dokter, ahli nutrisi atau ahli kesehatan lainnya. Selalu memperbarui informasi tentang penggunaan suplemen herbal pada setiap kunjungan Anda ke dokter atau ahli kesehatan tentang perubahan pada metode pengobatan Anda.

References:

1. Herb-Drug Interaction Handbook, second edition. Sharon Herrr, RD, CDN. 2002 Consumer Lavs,www.consumerlabs.com National Center for Complementary and Alternative Medicine. ncam.nih.gov

2. Inker LA, Astor BC, Fox CH, et al. KDOQI US Commentary on the 2012 KDIGO Clinical Practice Guideline for the Evaluation and Management of CKD. Am J Kidney Dis. 2014 Mar 16.

Content courtesy of Judy Kirk MS, RDN, CSR, CDN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *