Fosfor Tak Aman Untuk Pasien Dengan Gangguan Ginjal?

Kalsium dan fosfor, adalah mineral yang membantu membangun tulang kuat. Ginjal yang sehat membantu mengatur tingkat fosfor dalam darah Anda dengan menghapus fosfor ekstra. Disebutkan juga dalam salah satu artikel dari Mayo Clinic tentang Diet untuk Ginjal, yaitu jika ginjal tidak bekerja dengan benar, maka fosfor dalam darah akan tinggi (hiperfosfatemia). Terlalu banyak fosfor bisa menurunkan kadar kalsium dalam darah, sehingga bisa meningkatkan masalah pada tulang.

Kebutuhan fosfor mungkin berbeda, tergantung pada fungsi ginjal. Untuk orang dewasa dengan penyakit ginjal, umumnya 800 sampai 1.000 miligram (mg) fosfor per hari. Sementara orang dewasa sehat mengkonsumsinya dua kali lipat jumlah tersebut.

Disebutkan juga bahwa hampir setiap makanan mengandung fosfor, termasuk makanan tinggi protein. Jika penyakit ginjal Anda termasuk stadium awal, Anda akan disarankan untuk membatasi asupan fosfor dan protein. Diet pengurangan protein membantu membatasi jumlah sampah yang menumpuk dalam darah Anda.

Jika penyakit ginjalnya sudah stadium akhir dan Anda menjalani dialisis, kondisinya lain lagi. Dialisis membawa protein dari darah, sehingga kebutuhan protein Anda meningkat. Tapi kadar fosfor dalam makanan harus tetap rendah. Ahli gizi pasti bisa memberi saran terbaik untuk Anda.

Beberapa contoh makanan yang mengandung tinggi fosfor adalah susu, puding, yoghurt dari susu hewan atau susu kedelai, eskrim, kacang kering, mentega kacang, cokelat, sardin, pancake, muffin, waffles, biskuit. cokelat (termasuk minumannya), cola, soda, air beraroma, teh dalam botol.

Sementara makanan rendah fosfor, di antaranya ginger ale, air putih biasa, permen, selai, jelly, madu, popcorn, ayam, daging tanpa lemak, ikan, bagel, sherbet, keju rendah lemak. Disebutkan pula , meski makanan atau minuman rendah fosfor, Anda tetap perlu mengawasi porsi, ukuran dan membatasi jumlah yang dikonsumsi setiap hari.

Penting bagi Anda untuk mengikuti diet sehat bagi pasien yang mengalami gangguan ginjal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *