6 Tips Manfaat Air Bagi Kesehatan Ginjal

Menjaga ginjal agar tetap sehat dengan minum “air secara bijak.” Ini artinya minumlah air dalam jumlah yang tepat untuk Anda. Kesalahpahaman yang umum adalah bahwa setiap orang harus minum delapan gelas air setiap hari, tetapi karena setiap orang berbeda, maka kebutuhan air per hari akan bervariasi bagi setiap orang. Berapa banyak air yang Anda butuhkan, itu tergantung pada perbedaan usia, iklim, intensitas latihan, kehamilan, menyusui, dan penyakit yang dialami.

Sekitar 60-70% dari berat badan kita terdiri dari air, dan setiap bagian dari tubuh membutuhkan air agar dapat berfungsi dengan baik. Air membantu ginjal untuk membuang limbah dari darah Anda dalam bentuk urin. Air juga membantu menjaga pembuluh darah agar tetap terbuka sehingga darah dapat mengalir secara bebas ke ginjal, dan memberikan nutrisi penting untuk mereka. Tetapi jika Anda mengalami dehidrasi, maka sistem pengiriman air, darah dan nutrisi akan terganggu. Dehidrasi yang ringan akan membuat Anda merasa lelah, dan dapat menggangu fungsi tubuh secara normal. Dehidrasi yang berat dapat menyebabkan kerusakan ginjal, sehingga sangat penting untuk minum air yang cukup ketika Anda bekerja atau latihan yang keras, dan terutama dalam cuaca yang hangat dan dingin.

Berikut ini adalah 6 tips untuk memastikan bahwa Anda minum air dengan cukup untuk menjaga ginjal Anda tetap sehat:

1. Delapan gelas minum air adalah baik, tetapi tidak selalu harus! Tidak ada aturan baku, bahwa setiap orang membutuhkan 8 gelas air dalam sehari. Ini hanya rekomendasi yang umum berdasarkan fakta, bahwa kita terus kehilangan air dari dalam tubuh, dan memerlukan asupan air yang cukup untuk bertahan hidup dalam jumlah yang optimal bagi pertumbuhan setiap orang. The Institute of Medicine memperkirakan bahwa pria membutuhkan air sekitar 13 gelas (3 liter) sehari, dan wanita membutuhkan air  sekitar 9 gelas (2,2 liter) per hari.

2. Berbeda ketika Anda memiliki gagal ginjal (stadium akhir dari penyakit ginjal). Ketika seseorang mengalami gagal ginjal, mereka tidak dapat mengeluarkan cairan yang cukup melalui urin, atau bahkan tidak ada sama sekali. Bagi mereka yang menerima pengobatan dialisis, cairan harus benar-benar dibatasi.

3. Boleh saja minum air yang sangat banyak. Meskipun hal ini tidak umum terjadi pada kebanyakkan orang, daya tahan atlet seperti pelari maraton mungkin akan meminum air dalam jumlah yang besar, ini dapat mengeluarkan natrium dalam darah mereka, sehingga hasilnya akan berbahaya, ini yang disebut dengan hiponatremia.

4. Urin Anda dapat memberitahukan banyak hal. Untuk kebanyakan orang, minum “air secara bijak” berarti minum air yang cukup atau minum minuman kesehatan lainnya, seperti jus tanpa gula atau susu rendah lemak hanya untuk memuaskan dahaga serta guna menjaga agar urin berwarna kuning muda ataupun bening. Ketika urin Anda berwarna kuning gelap, ini menunjukkan bahwa Anda mengalami dehidrasi. Anda harus membuat dan minum kembali sekitar 1,5 liter sehari (sekitar 6 gelas).

5. H2O membantu mencegah batu ginjal dan infeksi saluran kemih. Batu ginjal dan infeksi saluran kemih (ISK) adalah dua kondisi medis yang umum terjadi sehingga dapat melukai ginjal. Untuk itu hidrasi yang baik adalah penting. Batu ginjal tidak mudah terbentuk ketika air dalam tubuh tersedia dengan cukup guna mencegah pembentukan batu kristal yang saling menempel. Air juga  membantu melarutkan antibiotik untuk mengobati infeksi pada saluran kemih, dan membuatnya lebih efektif. Minum cukup air juga membantu menghasilkan lebih banyak urin untuk membersihkan bakteri penyebab infeksi.

6. Waspadalah terhadap obat pil dan prosedur pada tindakan medis. Minum air yang banyak ketika mengkonsumsi obat-obatan tertentu atau –  sebelum dan setelah melakukan tindakan dengan pewarna kontras, guna membantu mencegah kerusakan pada ginjal. Bacalah label setiap obat dan bertanya sebelum melakukan  prosedur medis dengan pewarna kontras. Selalu berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu, terutama jika Anda harus membatasi cairan karena penyakit gagal ginjal.

INGAT, ketika minum “air secara bijak”, maka ginjal yang sehat adalah sebuah hadiah!

Sumber: National Kidney Foundation (NKF)

Leave a Reply