Obat Mana Saja Yang Berbahaya Untuk Ginjal Anda?

Setiap obat yang dimasukkan ke tubuh Anda akan melewati ginjal. Jika obat ini dikonsumsi tidak mengikuti petunjuk dokter Anda, atau obat ilegal, hal ini dapat menyebabkan cedera pada ginjal.

Obat Nyeri

Ginjal Anda bisa rusak jika Anda mengkonsumsi dalam jumlah besar obat-obatan, seperti aspirin, acetaminophen dan ibuprofen. Tak satu pun dari obat ini harus diminum setiap hari atau secara teratur TANPA terlebih dahulu berbicara dengan dokter Anda. Ribuan orang di Amerika telah mengalami rusak organ ginjal dengan menggunakan obat ini secara teratur dalam jangka waktu yang lama.

Alkohol

Minuman berat (alkohol) dapat melukai kedua ginjal dan hati Anda. Alcoholics memiliki risiko yang tinggi untuk mencederai kedua ginjal dan gagal pada hati.

Antibiotik

Antibiotik juga bisa berbahaya jika mereka mengkonsumsi secara tidak benar. Orang dengan penyakit ginjal perlu mengambil sejumlah kecil antibiotik dibandingkan orang dengan ginjal yang sehat. Mengkonsumsi obat-obatan hanya diperbolehkan jika sesuai dengan anjuran dokter.

Obat Pencahar

Secara umum, mengkonsumsi obat pencahar aman bagi kebanyakan orang. Namun, beberapa resep obat pencahar yang digunakan untuk membersihkan usus (biasanya sebelum kolonoskopi) bisa berbahaya bagi ginjal.

Kontras Dye (digunakan dalam beberapa tes diagnostik seperti MRI)

Beberapa tes medis yang disebut “tes pencitraan” berisi jenis pewarna yang disebut dengan “kontras”. Contoh tes pencitraan yang digunakan pada MRI dan CT-scan. Pewarna kontras dapat berbahaya bagi orang yang memiliki penyakit (gagal) ginjal. Tidak semua tes pencitraan (kontras) mengandung pewarna kontras.

Obat-obatan ilegal

Kebanyakan obat “jalanan”, termasuk heroin, kokain dan ekstasi dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, stroke, gagal jantung dan bahkan kematian, dalam beberapa kasus hanya satu yang dapat digunakan. Kokain, heroin dan amfetamin juga dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal.

Apa yang harus Anda lakukan?
  1. Jangan mengkonsumsi obat atau zat lainnya, kecuali Anda berada di bawah pengawasan dokter (TANPA resep dokter)
  2. Jangan mengkonsumsi pil atau zat lainnya, yang diberikan kepada Anda oleh orang asing atau bahkan teman.
  3. Jika Anda mengambil obat atau zat lain dan merasa sakit, hubungi dokter Anda segera.
  4. Jika Anda harus memiliki tes pencitraan (MRI dan CT-scan) atau kolonoskopi, beritahu dokter jika Anda memiliki penyakit ginjal atau beresiko untuk mendapatkan itu.

 

Sumber: National Kidney Foundation (NKF)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *