5 Makanan Yang Harus Dibatasi atau Dihindari Bagi Pasien Dialisis

Ketika Anda memiliki penyakit (gagal) ginjal , maka ginjal tersebut tidak dapat membersihkan sisa limbah dan racun dari makanan yang Anda konsumsi. Pada saat ginjal Anda berhenti bekerja, dialisis dapat membantu membersihkan darah Anda. Ginjal yang sehat menyaring darah 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu.

Sejak Anda melakukan dialisis, ginjal sudah tidak dapat bekerja dengan baik, sampah akan menumpuk di dalam darah dan membuat Anda menjadi sakit. Itulah sebabnya mengapa sangat penting untuk melihat apa yang dapat Anda makan dan minum setiap harinya.

Berikut adalah 5 makanan yang harus dibatasi atau dihindari jika Anda sudah melakukan tindakan dialisis:

1. Makanan dengan tinggi fosfat

Makanan seperti daging atau yang dipanggang dan soda, mengandung tinggi fosfat. Fosfat sering digunakan sebagai bahan pengawet dalam makanan olahan untuk memperpanjang massa makanan tersebut. Pastikan untuk membaca label nutrisi dari setiap makanan dengan hati-hati dan mencari sesuatu yang memiliki kadar “phos” dalam daftar bahan makanan tersebut. Natrium fosfat adalah salah satu contoh dari kandungan fosfat.

2. Pisang dan Belimbing

Buah Pisang memiliki kandungan kalium yang tinggi. Satu buah pisang memiliki kalium sebanyak 422 mg . Namun, pasien dengan menggunakan dialisis peritoneal (CAPD) mungkin dapat mengkonsumsi jumlah yang lebih tinggi kandungan kaliumnya.

Buah Belimbing mengandung asam oxalat di mana pada orang yang sehat, ginjal dapat menyaring dan membuangnya. Sedangkan pada pasien (gagal) ginjal, racun ini tidak dapat dibuang dan akan memperburuk keadaan ginjalnya. Belimbing juga mengandung neurotoksin atau racun saraf yang bisa mempengaruhi otak dan saraf bagi pasien yang sudah mengalami gangguan fungsi ginjal.

3. Kacang-kacangan dan selai kacang

Ini tidak hanya tinggi fosfor, tetapi juga tinggi kalium. Satu ons kacang mete (sekitar 18 kacang mete) memiliki 187 mg kalium dan 150 mg fosfor. Satu sendok makan selai kacang mengandung 119 mg kalium.

4. Cokelat 

3,5 ons cokelat hitam memiliki lebih dari 300 mg fosfor. Cokelat juga mengandung sekitar 150 mg potasium/kalium.

5. Daging yang diasinkan

Bacon, ham, sosis, hot dog, daging tipis cepat saji, daging kaleng, dan saus daging (spaghetti) sangat tinggi natrium.

Sumber: Susan Lupackino, MHS, RD, LDN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar