TIPS: Memilih Unit Dialisis

Memilih sebuah klinik dialisis adalah sebuah keputusan yang sangat penting. Karena ini menyangkut kualitas dan hidup Anda. Jika Anda seorang pasien baru, sedang travelling, atau sedang mencari untuk transfer ke fasilitas unit dialisis yang baru, keputusan ini sangatlah penting untuk ditinjau. Anda perlu mempertimbangkan benyak faktor, termasuk lokasi, jarak dari rumah Anda, jadwal dialisis, kualitas perawatan, tenaga medis, alat dan banyak lagi. Berikut ini adalah beberapa tips untuk membantu Anda memilih fasilitas dialisis yang tepat.

1. Melakukan kunjungan

Menelepon dan membuat janji untuk mengunjungi unit dialisis. Jika Anda tidak bisa pergi sendiri, Anda dapat mengirimkan teman atau anggota keluarga atau menghubungi unit dialisis untuk mempelajari lebih lanjut. Mengunjungi langsung memungkinkan Anda untuk mengenal bagaimana jalan menuju kesana, seperti apa staf, fasilitas, dan kenyamanan ketika Anda berada didalam ruangan.

2. Mengevaluasi staf unit dialisis

Apakah fasilitas unit dialisis dikelola oleh staf yang berpengalaman, bersertifikat dan terlatih profesional? Selama melakukan panggilan telepon atau kunjungan, apakah membuat Anda merasa diterima? Apakah mereka cukup membantu? Memiliki pengetahuan luas? Mampu menjawab pertanyaan Anda?

3. Pertimbangkan kebersihan unit dialisis

Bagaimana Anda menilai kebersihan secara keseluruhan dari fasilitas tersebut?

4. Mempertimbangkan lokasi dan jarak tempuh dari rumah Anda

Apakah fasilitas nyaman bagi Anda? Seberapa jauh jarak perjalanan untuk mendapatkan perawatan setiap minggunya? Apakah penting untuk tinggal dekat dengan fasilitas dialisis?

5. Pikirkan tentang moda transportasi Anda

Apakah Anda memiliki transportasi yang dapat diandalkan untuk mendapatkan perawatan dialisis?

6. Apakah dokter nephrologist tersedia?

Sadarilah bahwa beberapa dokter nephrologists hanya dapat bekerja dengan unit dialisis tertentu. Seberapa penting ini untukmu?

7. Bertanya tentang ketersediaan jadwal

Apakah unit dialisis menawarkan jadwal dialisis yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Apakah mereka menerima pasien baru pada setiap shift?

8. Bertanya tentang fasilitas mesin yang digunakan

Merk mesin sangat memegang peranan penting dalam melakukan perawatan dialisis. Kualitas mesin buatan Eropa mungkin bisa menjadi pertimbangan buat Anda. Karena ini menyangkut tingkat sensitivitas, akurasi, keamanan, goals, teknisi handal dan lain sebagainya.

9. Pikirkan tentang penggunaan tabung (reuse) dialiser

Beberapa unit dialisis hampir kebanyakan masih menerapkan sistem penggunaan berulang (reuse) pada tabung dialiser. Semakin kecil reuse tabung, semakin baik untuk Anda untuk menghindari penularan penyakit infeksi, hepatitis, bloodleak dan lainnya. Seberapa penting ini untuk Anda?

10. Bertanya tentang obat-obatan, suntikan bahkan sampai transfusi darah

Asuransi pemerintah (BPJS Kesehatan) sudah membuat aturan bahwa obat-obatan maupun suntikkan sudah dicover pada orang dengan dialisis. Apa saja obat-obatan yang diperoleh? Bagaimana dengan obat injeksi? Transfusi? Pasien dengan dialisis harus mendapat treatment anemia dikarenakan sel darah merah yang tidak cukup di dalam tubuh. Hal ini penting bagi Anda, karena jenis obat ini mahal dan sangat berguna untuk menjaga jantung Anda tetap sehat.

11. Pertimbangkan tentang fasilitas rujukan rumah sakit ketika membutuhkan perawatan lebih lanjut

Klinik unit dialisis pada umumnya tidak memiliki fasilitas untuk menangani pasien dalam keadaan gawat darurat. Biasanya mereka merujuk ke Rumah Sakit yang memiliki fasilitas yang lebih lengkap. Tanyakan ke unit dialisis apakah rujukan tersebut telah bekerjasama dengan asuransi pemerintah (BPJS Kesehatan)? Apakah tersedia rawat inap bagi asuransi pemerintah? Bagaimana dengan dokter Nephrologist? Seberapa penting ini bagi Anda?

12. Ketersediaan mobil Ambulance

Beberapa klinik unit dialisis, ada yang tidak memiliki mobil ambulance. Bagi pasien dialisis ini sangatlah penting. Ketika kondisi buruk pada saat dialisis dan membutuhkan perawatan unit gawat darurat, mobil ambulance dapat segera membawa Anda tanpa harus menunggu lebih lama. Pikirkan dengan baik tentang ini. Pilihlah unit dialisis yang sangat menunjang kebutuhan Anda sebagai pasien. Ini penting untuk hidup Anda.

13. Pemeriksaan laboratorium

Pemeriksaan secara berkala uji klinis darah sangat penting bagi setiap pasien dialisis, untuk mengetahui apakah dialisis yang Anda lakukan telah memenuhi target adekuasi. Asuransi Pemerintah (BPJS Kesehatan) telah meng-cover tindakan tersebut dalam sistem tarif INA-CBGs. Pemeriksaan Urea Reduction Ratio (URR) atau Kt/V adalah pemeriksaan mutlak yang harus dilakukan setiap bulannya, untuk mengetahui bahwa dialisis Anda telah adekuasi atau tidak. Selain itu pemeriksaan berkala seperti pemeriksaan darah lengkap termasuk hemoglobin (HB), elektrolit, glukosa, ureum dan kreatinin adalah hal yang sangat penting agar kondisi Anda tetap baik. Tanyakan ke unit dialisis Anda, apa saja yang diperoleh? Tiap berapa waktu pemeriksaan itu kembali dilakukan? Apakah hasil tersebut selalu dikomunikasikan kepada Anda?

Setelah Anda memilih fasilitas unit dialisis dan memulai pengobatan, Anda mungkin ingin melanjutkan proses evaluasi untuk sedikit lebih lama pada unit dialisis. Ini akan membantu Anda memutuskan apakah Anda puas dengan pilihan Anda. Bertanyalah pada diri sendiri:

  • Seberapa baik staf fasilitas unit dialisis mendengarkan saya dan memenuhi kebutuhan saya?
  • Seberapa baik perasaan dan kondisi saya selama dan setelah dialisis?
  • Apakah saya menerima saran yang jelas dan dimengerti dari staf di fasilitas dialisis, termasuk dokter, ahli gizi, dan perawat?
  • Apakah mereka membantu saya memahami apa yang bisa saya lakukan untuk meningkatkan kesehatan saya?
  • Apakah staf penuh kasih?
  • Penuh perhatian?
  • Hormat? 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *