Apakah yang Dimaksud Dengan Gagal Ginjal?

1. Apa itu gagal ginjal?

Ginjal yang sehat melakukan banyak pekerjaan penting. Ginjal juga menjaga seluruh tubuh Anda tetap seimbang. Mereka mengeluarkan produk sampah dan air/cairan ekstra dari tubuh Anda, membantu membuat sel-sel darah merah, dan membantu mengontrol tekanan darah. Bila Anda memiliki gagal ginjal, itu berarti ginjal yang rusak. Ginjal tidak bisa melakukan pekerjaan-pekerjaan penting yang cukup baik. Memiliki gagal ginjal berarti bahwa:

a. 85-90% dari fungsi ginjal Anda telah rusak.
b. Ginjal Anda tidak bekerja dengan cukup baik untuk membuat Anda tetap hidup.

TIDAK ADA OBAT untuk gagal ginjal, tetapi dengan pengobatan yang baik dan teratur adalah mungkin untuk hidup lebih lama. Memiliki gagal ginjal bukanlah hukuman mati. Orang dengan gagal ginjal dapat menjalani hidup dengan aktif dan terus melakukan hal-hal yang mereka cintai.

2. Apa yang menyebabkan gagal ginjal?

Ginjal dapat menjadi rusak dikarenakan cedera fisik atau penyakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi, atau gangguan lainnya. Tekanan darah tinggi dan diabetes adalah dua penyebab paling umum dari penyakit gagal ginjal.

Gagal ginjal tidak terjadi dalam semalam. Ini adalah hasil akhir dari hilangnya fungsi ginjal secara bertahap. Bahkan, beberapa orang tidak tahu bahwa mereka memiliki penyakit ginjal sampai ginjal mereka gagal pada akhirnya. Kenapa? Karena orang-orang dengan penyakit ginjal pada stadium awal mungkin tidak memiliki gejala apapun. Gejala penyakit ginjal biasanya muncul pada stadium akhir.

3. Apa yang terjadi ketika ginjal gagal?

Ginjal yang sehat membuang produk limbah dan cairan ekstra dari darah melalui urin. Tapi ketika ginjal gagal, limbah dan cairan ekstra dapat tertimbun di dalam darah dan membuat Anda menjadi sakit. Beberapa gejala penyakit ginjal adalah sebagai berikut:

– Mual
– Sulit tidur
– Nafsu makan berkurang
– Lemah
– Gampang lelah
– Gatal
– Penurunan berat badan
– Kram otot (terutama di kaki)
– Pembengkakan pada kaki atau pergelangan kaki
– Anemia

Ketika Anda sudah memulai pengobatan untuk gagal ginjal, gejala yang Anda alami akan berkurang dan Anda akan merasa jauh lebih baik.

4. Jenis pengobatan apa yang tersedia untuk gagal ginjal?

Ada dua cara pengobatan untuk gagal ginjal yaitu dialisis dan transplantasi ginjal. Pengobatan terapi dialisis atau transplantasi ginjal akan mengambil alih beberapa pekerjaan ginjal yang rusak dan membuang produk limbah dan cairan ekstra dari dalam tubuh Anda. Ini akan membuat tubuh Anda menjadi lebih baik.

a. Dua jenis cara dialisis yang dapat dilakukan yaitu hemodialisis (HD) atau dialisis peritoneal (CAPD). Keduanya mengeluarkan produk limbah dan cairan ekstra dari dalam darah Anda.

b. Transplantasi ginjal adalah suatu operasi yang menempatkan ginjal yang sehat di dalam tubuh Anda.

5. Pengobatan apa yang terbaik untuk saya?

Anda harus mempertimbangkan banyak hal ketika memilih pengobatan untuk gagal ginjal, termasuk gaya hidup Anda, usia, masalah kesehatan lainnya yang mungkin Anda miliki, dan apakah Anda memiliki teman atau saudara untuk membantu setiap pengobatan. Keputusan Anda harus didasarkan pada riwayat kesehatan dan pendapat dokter. Hal ini juga harus berdasarkan pada apa yang Anda dan keluarga inginkan. Belajar tentang pilihan pengobatan, akan membantu Anda memutuskan mana yang terbaik untuk Anda.

6. Apakah saya perlu mengkonsumsi obat-obatan atau mengikuti diet khusus?

HARUS! Tim dokter akan bekerja untuk membuat rencana pengobatan yang tepat untuk Anda. Rencana pengobatan termasuk mengkonsumsi obat-obatan, membatasi garam, membatasi makanan tertentu, berolahraga, dan banyak lagi. Anda juga akan membutuhkan pengobatan untuk masalah kesehatan lainnya yang mungkin Anda miliki, termasuk tekanan darah tinggi atau diabetes.

Sumber: National Kidney Foundation (NKF)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *