Loading...
CAPDHemodialisis

Dialisis (Cuci Darah): Kulit Kering Dan Gatal

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa kulit Anda gatal atau kering sejak memulai hemodialisis? Jika demikian, Anda tidak sendirian. Banyak pasien dialisis memiliki masalah ini. Hal ini disebut uremik pruritus. Kulit gatal seperti itu berbeda untuk setiap orang, dan hal ini bisa terjadi pada setiap saat sepanjang hari, pada setiap bagian tubuh, dan sangat merepotkan untuk sebagian orang. Beberapa pasien dialisis mengatakan bahwa mereka merasa gatal disatu bagian tubuh tertentu, dan yang lain merasa gatal diseluruh tubuh. Yang terpenting adalah mencoba untuk memahami apa yang menjadi penyebabnya, dan menemukan cara terbaik untuk mengendalikannya.

 

Apa yang menyebabkan kulit gatal dan kering?

Kombinasi dari berbagai hal dapat menyebabkan kulit Anda menjadi gatal dan kering. Beberapa masalahnya adalah

1. Asupan cairan yang terbatas: tindakan dialisis akan menghilangkan cairan berlebih di tubuh Anda dan begitu juga asupan cairan yang terbatas bersamaan tindakan dialisis dapat menyebabkan kulit kering dan memicu terjadinya gatal.

2. Nilai fosfor yang tak terkendali: Seringkali, gatal disebabkan oleh tingginya kadar fosfor dalam darah. Didalam tubuh, fosfor yang berlebihan dapat terikat dengan kasium dan menyebabkan gatal. Jika dokter telah memberikan Anda obat pengikat fosfor, dengan mengkonsumsi obat tersebut sesuai anjuran setiap harinya, maka akan sangat membantu.

3. Cuci darah yang tidak maksimal: Bicaralah dengan dokter Anda tentang gejala yang Anda rasakan dan cari tahu apakah waktu dialisis anda sudah tepat. Terkadang terlalu banyak atau terlalu sedikit dialisis bisa menimbulkan gejala seperti kulit kering dan gatal.

4. Alergi dan penyebab lainnya: pastikan bahwa Anda tidak alergi terhadap sabun, deterjen, lotion, atau parfum yang Anda gunakan. Terkadang pewarna dan pewangi dalam produk tersebut dapat menyebabkan reaksi alergi yang membuat kulit gatal. Juga, mandi dengan air yang terlalu panas dapat membuat kulit Anda terlalu kering dan menyebabkan kulit gatal.

Tips;

Cobalah untuk mencari tahu apa yang menyebabkan gatal. Apakah membaik diwaktu tertentu atau lainnya? Apa yang dapat membantu atau membuatnya lebih buruk? Beritahu dokter Anda perubahan apa yang Anda rasakan dan lihat pada kulit Anda.

Terapkan rutinitas perawatan kulit yang baik, dengan pembersih dan pelembab. Sebaiknya gunakan semua produk yang terbuat dari bahan-bahan alami dan organik. Hindari produk yang mengandung alkohol dan kandungan kimia lainnya. Diskusikan juga pada dokter Anda pelembab apa yang baik untuk gejala yang Anda alami.

Jangan menggaruk kulit Anda! Menggaruk cenderung membuat gatal makin parah bahkan dapat merusak kulit dan menyebabkan infeksi.

Disiplin menerapkan diet yang sudah ditentukan oleh dokter Anda, dan juga rutin mengkonsumsi obat pengikat fosfat.

 

Reference:

National Kidney Foundation (NKF)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Editor's choice
Skip to toolbar