Tips: Tetap Bekerja Walaupun Anda Pasien Hemodialisa

Terapi cuci darah (hemodialisa) menjadi menjadi momok yang menakutkan bagi penderita gagal ginjal (baik akut / kronik), terutama bagi mereka yang masih berusia muda dan produktif. Mereka menganggap terapi cuci darah ini akan menghambat aktifitas bekerja dan karier mereka. Padahal terapi cuci darah tidak sepenuhnya benar menghambat aktifitas bekerja bagi pasien gagal ginjal. Asal paham dan mengerti dengan penyakit yang diderita serta memiliki semangat untuk terus hidup, cuci darah (hemodialisa) tidak akan menghambat untuk terus bekerja dan produktif.

Berikut tips untuk tetap bekerja dan pruduktif sebagai pasien cuci darah:

1. Kelola Kesehatan Anda.

Kunci pertama untuk merasa lebih baik dan sehat adalah memberdayakan diri Anda dengan mempelajari dan mengetahui tentang penyakit ginjal Anda dan mengontrol kesehatan Anda.

2. Temukan Pilihan Pengobatan Yang Tepat.

Ada 2 jenis terapi cuci darah yang dikenal yaitu Hemodialisis (HD) dan CAPD (Continous Ambulatory Peritoneal Dialysis). Pelajari dan pahami jenis terapi yang akan diambil dan sesuaikan dengan gaya hidup Anda.

3. Cari & Temukan Resep Untuk Diet Anda

Terdapat lebih dari 1000 resep makanan yang ramah dengan penyakit ginjal Anda, temukan yang Anda kira tepat dan cocok untuk diet Anda.

4. Rutin Cek dan Pantau Hasil Laboratorium

Selalu rutin untuk cek laboratorium darah Anda, dan pantau bila ada kenaikan/penurunan yang signifikan disetiap paramater yang di periksa. Segera konsultasikan dengan dokter spesialis ginjal Anda bila ada kenaikan/penurunan di hasil laboratorium darah Anda.

5. Pelajari Mengapa Bekerja Dapat Membuat Anda Lebih Sehat & Lebih Bahagia.

6. Dengar Pendapat Dari Sesama Pasien Lain Yang Bekerja.

Tips-tips diatas tidak akan beguna bila Anda tidak memiliki semangat hidup untuk terus produktif. Ingat: gagal ginjal bukan berarti gagal hidup. Gagal ginjal yang Anda derita adalah suatu bentuk cobaan untuk membuat Anda menjadi pribadi yang lebih baik dan tangguh.

Stay Employed, stay healthy. Keeping your job when you have kidney disease may help you fell healthier and happierĀ 

Sumber : davita.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *