Loading...
KesehatanTips

10 Gejala Penyakit Ginjal Kronik Yang Sebaiknya Tidak Diabaikan

Sebagian besar orang yang menderita Penyakit Ginjal Kronik (CKD) tidak menunjukkan gejala apapun karena tubuh sendiri dapat mentolerir kerusakan akibat ginjal yang tidak berfungsi bahkan sampai skala kerusakan yang besar. Para penderita ini pun tidak sadar dan menunjukan gejala apapun sampai situasi menjadi kritis.

Berikut tanda dan gejala dari Penyakit Ginjal Kronik (CKD) tersebut:

1. Sering Buang Air Kecil.

Frekuensi buang air kecil sering terjadi di malam hari. Terkadang, anda akan merasakan dorongan ingin buang air kecil tetapi anda tidak dapat buang air kecil.

2. Pembengkakan Kaki

Ketika ginjal tidak lagi mampu untuk membuang sampah dan cairan yang tidak perlu dari tubuh, limbah atau cairan yang tidak terbuang akan menyebabkan pembengkakan tangan, kaki ,dan                   pergelangan tangan.

3. Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Tekanan darah tinggi termasuk penyebab utama terjadinya gagal ginjal.

4. Kelelahan dan Fisik Lemah

Dalam penyakit ginjal kronik, penderita akan mengalami penurunan hormone erythropoietin. Yang berakibat sel darah merah akan menurun dan mengakibatkan anemia, sehingga pasokan oksigen ke sel-sel akan menurun. Hal ini yang menyebabkan mudah lelah dan lemas (fisik lemah).

5. Mual dan Muntah

Jika ginjal tidak mampu menyaring dan menghilangkan limbah sehingga limba tersebut akan menumpuk di dalam tubuh. Hal tersebut akan menyebabkan hilangnya nafsu makan, mual dan muntah.

6. Ruam di Kulit dan Gatal-Gatal

Karena produk limbah dan cairan yang tidak terbuang itu yang menyebabkan ruam kulit dan gatal-gatal.

7. Sesak Napas

Pada penyakit ginjal kronik, ginjal tidak dapat menghapus produk limbah dan cairan dari tubuh. Cairan yang tidak terbuang itu akan menupuk didalam tubuh, terutama di paru-paru, hal ini yang                 menyebabkan sesak napas

8. Disfungsi Ereksi dan Penurunan Minat Seksual pada Pria

9. Darah Dalam Urin

10. Nyeri Punggung, dada, sendi dan kram otot

Terkadang cairan kista pada ginjal akan menumpuk disekitar selaput jantung, hati, dan paru-paru yang menyebabkan rasa sakit di punggung, dada, dan sendi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Editor's choice
Skip to toolbar